Home Tabalong Hari Ini Ratusan Siswa SD Hasbunallah Ikuti Manasik Haji

Ratusan Siswa SD Hasbunallah Ikuti Manasik Haji

by Muhammad Rais
0 comment

Ratusan siswa SD Hasbunallah ikuti kegiatan Manasik Haji pada Jumat, 3 Mei 2024, di Islamic Center Maburai Kecamatan Murung Pudak. Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa mampu memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji serta semakin termotivasi untuk berhaji.

Sebanyak 628 siswa SD Hasbunallah, mulai jenjang kelas satu hingga kelas enam, mengikuti kegiatan Manasik Haji yang dilaksanakan pihak sekolah.

Pelaksanaan Manasik dipimpin pembimbing Ustadz Mujiburrahman dari Kemenag Tabalong dan Ustadz Bobi Suherman.

Dalam Manasik ini, para siswa diajarkan sejumlah rukun haji, di antaranya pelaksanaan ihram, wukuf, mabit di Muzdalifah dan Mina, simulasi lempar jumrah, tawaf hingga sa’i.

Ketua Panitia Manasik Haji SD Hasbunallah, Maria Sururi, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang bertujuan mengenalkan rukun Islam kelima, yaitu ibadah haji, pada anak-anak.

“Kegiatan ini, rencana kegiatan ini kita selalu agendakan tahun sekali, itu menjadi agenda rutin, agenda tahunan dari komite sekolah, saya selaku ketua panitia cuman menjalankan, kemudian tujuannya memperkenalkan ibadah rukun Islam kelima.” ujar Maria Sururi, Ketua Panitia Manasik Haji SD Hasbunallah

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Hasbunallah, Siti Fatimah, berharap kegiatan Manasik Haji ini dapat membuat siswa SD Hasbunallah dapat mengerti dan memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji, sehingga siswa tertanam pada diri anak tentang ibadah haji sebagai rukun Islam kelima.

Baca Juga  Harga Cabai Keriting & Tiung Naik

“Semoga dalam acara manasik haji ini anak-anak bisa mengerti memahami tata cara pelaksnaan ibadah haji sesungguhnya, sehingga benar-benar tertanam di hati siswa, dialam fikiran siswa oh seperti ini tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, dan harapan saya semoga agenda ini dapat terlaksana setiap tahun sebagai agenda rutin sekolah dan komite sekolah.” ujar Siti Fatimah, Kepala SD Hasbunallah

Disamping itu, Fatimah juga berharap melalui kegiatan ini para siswa semakin termotivasi untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment