Home Tabalong Hari Ini Puluhan Peserta Ikut Seleksi Gita Bahana Nusantara

Puluhan Peserta Ikut Seleksi Gita Bahana Nusantara

by Muhammad Rais
0 comment

Puluhan peserta dari sejumlah sekolah hingga mahasiswa di Kabupaten Tabalong mengikuti seleksi Gita Bahana Nusantara tahun 2024 tingkat Kabupaten Tabalong. Para pemenang yang terpilih ini pun nantinya akan mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Sebanyak 43 peserta dari tingkat pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Tabalong mengikuti seleksi Gita Bahana Nusantara tahun 2024, yang diselenggarakan oleh Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong pada 7 Maret 2024, di Aula TEFA SMK Negeri 1 Murung Pudak.

Dalam seleksi ini, para peserta membawakan sejumlah lagu bertemakan kebangsaan. Adapun penilaian meliputi teknik vokal pada 4 kategori suara, yaitu suara tenor, bass, alto, dan soprano.

Ketua Juri Gita Bahana Nusantara 2024 Kabupaten Tabalong, Maureen Fransisca Nasiboe, mengatakan bahwa selain penilaian teknik vokal, keinginan dan tekad peserta menjadi salah satu penilaian utama yang menjadi pertimbangan.

“Untuk audisi hari ini yang dinilai sebetulnya apakah ia mau berusaha dengan baik untuk membawa nama Tabalong ke tingkat yang lebih tinggi. Usahanya ingin membawa nama baik Tabalong, jadi yang dinilai mungkin suara merdu banyak, tapi apakah dia mau berusaha untuk menjadi lebih baik itu yang kami ambil dan teman-teman ambil,” ujar Maureen Fransisca Nasiboe, Juri Gita Bahana Nusantara 2024 Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Puluhan Personil Polres Tabalong Amankan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong, Rahmanto, mengharapkan agar para peserta yang terpilih nantinya dapat bersungguh-sungguh untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, sehingga dapat terpilih menjadi perwakilan Kalimantan di tingkat nasional dan mengharumkan nama Kabupaten Tabalong.

“Harapan kami di bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong kepada duta atau perwakilan dari Kabupaten Tabalong yang terpilih pada hari ini, harapan kami semoga mereka dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Tabalong dan lulus seleksi ke tingkat provinsi sehingga nantinya dapat mewakili di tingkat nasional,” ungkap Rahmanto, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tabalong.

Diketahui, Gita Bahana Nusantara merupakan sebuah seleksi pembentukan tim paduan suara dan orkestra yang terdiri dari generasi muda berbakat yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia.

Tim ini dibentuk khusus menjadi kelompok paduan suara saat HUT Republik Indonesia. Berbeda dari tahun sebelumnya, para pemenang yang terpilih ini nantinya akan bernyanyi di Ibukota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

(Maria Ulfah/ TV Tabalong)

You Might Be Interested In
Baca Juga  Percepatan Perekaman E-KTP Pemilih Pemula Jadi Perhatian Serius Disdukcapil

Related Articles

Leave a Comment