Home Tabalong Hari Ini PKBM Amal Saleh Luluskan 132 Siswa Program Kesetaraan Paket A, B, C

PKBM Amal Saleh Luluskan 132 Siswa Program Kesetaraan Paket A, B, C

by Muhammad Rais
0 comment

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Amal Saleh Murung Pudak menggelar kegiatan pelepasan siswa program kesetaraan tahun ajaran 2023-2024 pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Sebanyak 132 siswa program kesetaraan tahun ajaran 2023-2024 di PKBM Amal Saleh Kecamatan Murung Pudak dinyatakan lulus dan resmi dilepas.

Siswa tersebut terdiri dari program kesetaraan Paket A setara SD sebanyak 14 orang, Paket B setara SMP 54 orang, dan Paket C setara SMA 64 orang.

Ketua Pengelola PKBM Amal Saleh, Desak Putu Butsi Triyanti menjelaskan, sebagian besar lulusan PKBM Amal Saleh tahun ini merupakan siswa-siswi yang usianya sudah di luar usia sekolah, dan sebagian masih masuk dalam usia sekolah.

“Warga belajar yang sudah lulus, baik itu Paket A, Paket B, Paket C, untuk selanjutnya menempuh jenjang yang lebih lanjut, pendidikan yang lebih lanjut. Baik yang dari Paket A itu melanjutkan ke Paket B atau ke pendidikan formal setingkat SMP. Begitu juga Paket B, kalau dia lulus melanjutkan ke pendidikan yang lebih lanjut yaitu Paket C atau pendidikan formal tingkat SMA,” ujar Desak Putu Butsi Triyanti, Ketua Pengelola PKBM Amal Saleh.

Sementara itu, Pembina PKBM Amal Saleh yang juga merupakan Anggota Komisi Satu DPRD Tabalong, Murjani, mengaku sangat senang dengan adanya pelepasan ini. Ia juga menilai PKBM Amal Saleh menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak berkesempatan untuk bersekolah formal.

Baca Juga  Diskominfo Tabalong Harap Provider Swasta Tingkatkan Sinyal Di 17 Desa

“Walaupun mereka tidak bersekolah formal, dengan adanya program kesetaraan ini juga sama sebenarnya. Mereka mempunyai hak untuk pendidikan dan juga lulusan, ataupun mereka mempunyai kemampuan yang sama. Bahkan ijazah mereka juga disetarakan, baik itu untuk keperluan melanjutkan sekolah maupun bekerja di dunia usaha,” ujar Murjani, Pembina PKBM Amal Saleh.

Murjani pun berharap siswa-siswi lulusan Paket A maupun Paket B dapat melanjutkan ke tingkat selanjutnya, dan lulusan Paket C dapat melanjutkan ke perkuliahan atau pun mencari pekerjaan sesuai dengan minatnya masing-masing.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment