Home Tabalong Hari Ini Penurunan Angka Kemiskinan dan Pengangguran Jadi Arah Kebijakan 2025

Penurunan Angka Kemiskinan dan Pengangguran Jadi Arah Kebijakan 2025

by Muhammad Rais
0 comment

Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pembangunan serta sumber daya manusia, Pemerintah Kabupaten Tabalong menetapkan arah kebijakan pembangunan di tahun 2025 mendatang. Arah kebijakan tersebut ditujukan guna mendukung keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (IKN).

Hal tersebut disampaikan oleh Plh Kepala BAPPEDALITBANG Tabalong, Sujadi, dalam laporannya saat Musyawarah Rencana Pembangunan untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tabalong tahun 2025 tingkat kecamatan, di halaman kantor Kecamatan Muara Harus, pada Jumat, 26 Januari 2024.

Sujadi menjelaskan terdapat sejumlah arah kebijakan pembangunan Kabupaten Tabalong dalam RKPD tahun 2025 mendatang yang meliputi peningkatan kesempatan kerja, penurunan angka kemiskinan, pengangguran, dan stunting, peningkatan tata kelola pemerintahan, hingga peningkatan infrastruktur dalam mendukung Ibukota Nusantara.

Untuk mensukseskan hal tersebut, menurut Sujadi, nantinya dalam Musrenbang tingkat kecamatan, pihaknya akan menghimpun usulan-usulan prioritas yang sejalan dengan arah kebijakan pemerintah daerah.

“Adapun yang menjadi prioritas Kabupaten Tabalong pada RKPD tahun 2025 meliputi, satu, meningkatkan kesempatan kerja dan berusaha, menurunkan angka kemiskinan dan angka pengangguran untuk pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Dua, meningkatkan kualitas pendidikan, peningkatan kesehatan untuk penurunan stunting, dan pencapaian manusia yang berdaya saing. Tiga, meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur dasar untuk mendukung IKN. Empat, meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk mencapai indeks reformasi birokrasi yang maksimal, dan yang kelima meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup dan mitigasi bencana.” ujar Sujadi, Plh BAPPEDALITBANG Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  TP PKK Kabupaten Tabalong Peringati HKG PKK ke-51

Selain itu, Sujadi menambahkan target pembangunan tahun 2025 mendatang diantaranya terkait realisasi Indeks Pembangunan Manusia yang diproyeksikan sebesar 76,82 persen, pertumbuhan ekonomi diproyeksikan antara 2,5 sampai 3,5 persen, laju inflasi diproyeksikan sebesar 1,4 persen, angka kemiskinan 5,10 persen, tingkat pengangguran terbuka rentang 3 sampai 4 persen, angka harapan hidup 75,6 tahun, serta angka rata-rata lama sekolah diproyeksikan 9,95 tahun, dan harapan lama sekolah 14,5 tahun.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment