Home Tabalong Hari Ini Bupati Tabalong Kembali Tekankan Kades Soal Sinergitas Pembangunan

Bupati Tabalong Kembali Tekankan Kades Soal Sinergitas Pembangunan

by Muhammad Rais
0 comment

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, kembali mendorong agar Kepala Desa di Kecamatan Muara Harus bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Pasalnya, dengan sinergi, diharapkan percepatan pembangunan dapat berjalan optimal.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tabalong tahun 2025 tingkat kecamatan, di halaman kantor Kecamatan Muara Harus, pada Jumat, 26 Januari 2024.

Bupati Anang menjelaskan bahwa meski kemampuan fiskal Pemerintah Daerah meningkat dari tahun ke tahun, namun berbagai usulan yang telah disampaikan dalam Musrenbang tidak dapat seluruhnya diakomodir oleh Pemerintah Daerah. Pasalnya, kemampuan fiskal Tabalong masih terbatas.

Untuk menutupi keterbatasan tersebut, Bupati Anang mendorong agar Kepala Desa turut ambil bagian guna mengakomodir usulan pembangunan yang belum terealisasi melalui dana APBD.

“Saya berharap agar sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Tabalong dan pemerintahan desa itu semakin bagus, yang tidak bisa dilakukan oleh kabupaten silakan dilakukan oleh desa, karena apa? Karena dana desa Kabupaten Tabalong ini makin hari makin banyak.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Diketahui, dalam Musrenbang ini, sebanyak 95 usulan yang merupakan hasil Musrenbang 7 desa yang ada di Muara Harus telah terinput dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD. Dari usulan tersebut, sebanyak 47 persen ditujukan untuk bidang infrastruktur, 37 persen untuk bidang pelayanan publik, dan 16 persen untuk bidang ekonomi.

Baca Juga  Kalsel Akan Terima 12 Ribu Dosis Vaksin Covid-19

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment