Home Tabalong Hari Ini Komisi III DPRD Dorong DLH Percepat Realisasi Anggaran

Komisi III DPRD Dorong DLH Percepat Realisasi Anggaran

by Muhammad Rais
0 comment

Komisi III DPRD Tabalong menggelar rapat kerja bersama Dinas Lingkungan Hidup pada Selasa, 4 Juni 2024, di ruang rapat pimpinan Sekretariat DPRD Tabalong.

Rapat kerja ini dipimpin Ketua Komisi III DPRD Tabalong, Muchlis, didampingi sejumlah anggota Komisi III DPRD Tabalong serta turut dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Slamet Riyadi, beserta jajaran.

Pada rapat kali ini fokus membahas terkait evaluasi program kegiatan DLH Tabalong pada triwulan pertama tahun 2024.

Berdasarkan paparan yang disampaikan Kepala DLH, Slamet Riyadi, di tahun 2024 DLH memiliki total anggaran sekitar 66 miliar lebih yang dialokasikan pada 10 program dan enam kegiatan.

Dari total anggaran tersebut hingga triwulan pertama tahun 2024, pihaknya telah merealisasikan sekitar 8,43 persen.

Masih rendahnya realisasi anggaran tersebut diakui Slamet lantaran adanya kendala seperti penyesuaian sistem SIPD terbaru dan proses pengadaan barang jasa.

Meski demikian, Slamet mengaku optimis ke depan serapan anggaran DLH akan lebih maksimal mengingat saat ini proses pengadaan dan perencanaan kegiatan telah rampung dilaksanakan.

“Terkait dengan hal ini, ada beberapa kendala yang memang kita dapatkan di kegiatan ini. Pertama, itu sistem untuk keuangan kita karena sistem baru SIPD ini beberapa kali ngadat sehingga untuk proses pencairannya agak terlambat. Kemudian, juga untuk proses pengadaan barang dan jasa, karena itu harus fokus di satu tempat di PBJ. Ya, sekecil apa pun pengadaan barang dan jasa harus melalui PBJ, kewalahan mereka kedodoran,” ujar Slamet Riyadi, Kepala DLH Tabalong.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong, Ferry Elpeni, mendorong agar jajaran DLH berkoordinasi lebih intens, khususnya terkait pengadaan, sehingga serapan anggaran dapat diselesaikan sesuai target.

“Dari Dinas Lingkungan Hidup itu mungkin ke depannya akan melakukan koordinasi yang lebih tajam lagi kepada ULP agar kegiatan-kegiatan mereka yang terhambat di triwulan pertama ini tidak terulang lagi di triwulan kedua,” kata Ferry Elpeni, Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong.

Ferry menambahkan, selain membahas evaluasi anggaran DLH triwulan satu, pihaknya juga membahas rencana kerja DLH tahun 2025 terkait ruang terbuka hijau, kebun raya, hingga pengelolaan sampah.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment