Home Tabalong Hari Ini Jelang Penilaian WTN 2024, Pemkab Tabalong Matangkan Persiapan

Jelang Penilaian WTN 2024, Pemkab Tabalong Matangkan Persiapan

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong gencar melakukan persiapan jelang penilaian pemaparan Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2024. Segala bentuk persiapan sudah dimatangkan oleh Pemkab Tabalong sejak tahun 2023 lalu.

Berbagai aspek penilaian Wahana Tata Nugraha terus dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Penilaian WTN akan dilakukan pada aspek lalu lintas, angkutan, kondisi jalan, keindahan kota, serta komitmen kepala daerah dalam penganggaran di sektor transportasi.

Untuk memenuhi seluruh aspek penilaian tersebut, Dinas Perhubungan selaku leading sector telah menggandeng lintas sektor seperti Dinas PUPR, Disperkim, Bappeda Litbang, serta Polres Tabalong.

Kepala Dinas Perhubungan Tabalong, Tumbur Manalu, menjelaskan berbagai bentuk persiapan sudah dilakukan Kabupaten Tabalong sejak tahun 2023 lalu, mulai dari rapat koordinasi lintas sektor, penentuan kategori dan data-data dukung, hingga persiapan jelang pemaparan nantinya.

“Bentuk kesiapan dari Kabupaten Tabalong sendiri untuk mengikuti WTN tahun ini di 2023-2024, di tahun 2023 kemarin itu telah dilaksanakan rapat koordinasi lintas SKPD terkait yang dipimpin Sekda, dan kemudian terkait penentuan kategori dan data-data dukung langsung dipimpin Pak Bupati saat itu. Pada akhir tahun 2023 sendiri sudah dilakukan verifikasi lapangan oleh tim yang ditunjuk langsung dari panitia pelaksana penilaian WTN. Di 2024 ini yang sudah kita laksanakan terkait persiapan untuk paparan, kabupaten/kota yang berpartisipasi ini sudah dirapatkan untuk konsolidasi oleh Dishub Provinsi pada Rabu kemarin, terkait untuk persamaan data dan bagaimana kesiapan terkait paparan yang akan disampaikan oleh masing-masing kepala daerah,” ujar Tumbur P. Manalu, Kepala Dishub Tabalong.

Baca Juga  BRI Tanjung Undi Hadiah Simpedes Periode 1 Tahun 2022

Diketahui, Kabupaten Tabalong telah lolos seleksi administrasi penghargaan WTN tahun 2024 dan akan melakukan pemaparan pada Selasa, 25 Juni 2024 mendatang. Penghargaan WTN diberikan pemerintah pusat kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.

Di Kalimantan Selatan, terdapat 7 kabupaten/kota yang akan mengikuti penilaian WTN tersebut dengan berbagai kategori, di antaranya Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kotabaru, Tanah Laut, Balangan, serta Kabupaten Tabalong.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment