Home Tabalong Hari Ini H-2 Idul Adha, Rumah Potong Hewan Lakukan Sejumlah Persiapan

H-2 Idul Adha, Rumah Potong Hewan Lakukan Sejumlah Persiapan

by Muhammad Rais
0 comment

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, UPT Rumah Potong Hewan Disbunnak Tabalong akan melayani pemotongan hewan kurban. Beberapa persiapan terus dilakukan oleh pihak RPH.

Terpantau pada 14 Juni 2024, UPT Rumah Potong Hewan yang berlokasi di Kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong tengah melakukan beberapa persiapan jelang Hari Raya Idul Adha, terutama menjelang pemotongan hewan kurban.

Terpantau, tenda-tenda pendukung telah dipasang. Selain itu, pisau, talenan, dan juga mesin pemotong tulang sudah dipersiapkan oleh pihak UPT RPH Tabalong.

Untuk mendukung layanan pemotongan di RPH, Disbunnak Tabalong pun telah membentuk panitia khusus untuk memeriksa hewan baik sebelum maupun setelah dipotong.

“Kita sudah menyiapkan tarup, talenan juga sudah disiapkan, jadi nanti tinggal motong-motong dan nanti kita kasih terpal, dan ada tempat untuk penggantungan daging yang bisa dimanfaatkan untuk penggantungan, terus kesiapan alat untuk motong tulang juga sudah ada dan sudah kita bentuk panitia hewan kurban di Kabupaten Tabalong, dan di rumah potong hewan juga ada panitia khusus yang akan menerima serta melakukan pemeriksaan ante mortem dan post mortem,” kata Suwandi, Kabid Keswan & Kesmavet Disbunnak Tabalong.

Diketahui per tanggal 14 Juni 2024, sudah ada sekitar 21 ekor sapi yang akan dipotong di RPH Tabalong. Jumlah tersebut diperkirakan akan kembali bertambah hingga hari H Idul Adha.

Baca Juga  Perluasan Jaringan PDAM di Tanjung Selatan Disambut Baik Warga

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment