Home Tabalong Hari Ini DPRD Tabalong Upayakan Program Pemasangan Listrik Gratis di Desa Terpencil

DPRD Tabalong Upayakan Program Pemasangan Listrik Gratis di Desa Terpencil

by Muhammad Rais
0 comment

DPRD Kabupaten Tabalong mendorong adanya hibah pemasangan listrik gratis bagi warga di desa terpencil di Tabalong. Ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat mengakses layanan listrik.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, Jurni, saat diwawancarai usai mengikuti rapat koordinasi bersama dengan Manajer PT PLN Unit Pelaksana Pembangunan Listrik atau UP2K Kalsel beserta jajaran, Senin, 5 Januari 2024.

Jurni menjelaskan, rencana pemasangan listrik gratis di Desa Hegar Manah dan Dambung Raya, Kecamatan Bintang Ara, akan diupayakan masuk pada anggaran perubahan tahun 2024. Proses pemasangannya akan dibayarkan oleh pemerintah daerah melalui mekanisme hibah.

Lebih lanjut, Jurni menjelaskan, pemasangan listrik gratis ini sudah sepatutnya didapatkan oleh warga setempat. Pasalnya, pemasangan jaringan listrik yang sebelumnya ditargetkan selesai pada tahun 2023 terpaksa tertunda lantaran terkendala akses jalan.

“Ini suatu keberuntungan lah untuk kawan-kawan kita yang warga kita di atas. Sudah lambat ya, minimal sebagai pengobat intinya kami akan menggratiskan untuk pemasangan KWH-nya, artinya dibiayai oleh… bukan gratis memasangnya, jadi PLN yang memasangkan. Insya Allah kita akan membuat dana hibah di BPKAD untuk membayar pemasangan ke jaringan ke rumah itu.” ujar Jurni, Wakil Ketua Komisi DPRD Tabalong.

Lebih lanjut, Jurni juga mendorong pemerintah daerah mendata rencana penerima program tersebut serta melakukan koordinasi dengan pihak PLN terkait anggaran pemasangan listrik ke rumah warga. Jika anggaran daerah memungkinkan, pihaknya pun akan meminta seluruh rangkaian pemasangan listrik digratiskan.

Baca Juga  Belum Genap Sepekan, Harga Daging Ayam Ras Kembali Turun

Diketahui, PT PLN UP2K Kalsel telah menyiapkan seluruh infrastruktur jaringan listrik di Desa Hegar Manah dan Dambung Raya. Meski demikian, pemasangan jaringan listrik masih terkendala akses jalan untuk mengangkut infrastruktur tersebut.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment