Home Tabalong Hari IniHaji Tabalong Jamaah Haji Tabalong Kloter 18 Diterima PPIH, Kakanwil Kemenag Ingatkan Soal Ini…

Jamaah Haji Tabalong Kloter 18 Diterima PPIH, Kakanwil Kemenag Ingatkan Soal Ini…

by Muhammad Rais
0 comment

Jamaah haji Tabalong Kloter 18 yang baru tiba malam tadi diterima secara resmi oleh PPIH Embarkasi Banjarmasin. Para jamaah haji pun diimbau agar memperhatikan dokumen kelengkapan dan menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji.

Penerimaan 314 jamaah dan 6 orang petugas haji Kloter 18 digelar Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin pada Rabu, 5 Juni 2024, di Aula Mekkah, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Kota Banjarbaru.

Dalam kegiatan penerimaan ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan, selaku Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin, Muhammad Tambrin, menyampaikan arahan dan imbauan kepada seluruh jamaah haji.

Ia meminta agar jamaah memperhatikan dokumen kelengkapan dan menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji, mengingat cuaca ekstrem di Arab Saudi.

“Cuaca hampir 40 sampai 48 derajat Celsius. Nah ini akan disampaikan tim kesehatan dan tim dokter bagaimana posisi jamaah untuk menyesuaikan waktunya, dan menyesuaikan dengan kondisi alam Arab Saudi gitu,” ujar Muhammad Tambrin, Kakanwil Kemenag Kalsel.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Tabalong, Sahidul Bakhri, melaporkan kondisi kesehatan beberapa jamaah yang sebelumnya sempat terganggu selama perjalanan dari Tabalong, kini mulai membaik setelah bermalam di asrama haji.

Seluruh jamaah pun dapat mengikuti rangkaian penerimaan hingga pemeriksaan kesehatan di asrama haji.

“Ya kondisi jamaah yang tadi malam karena ada mereka yang mabuk dalam perjalanan, ada beberapa orang. Tapi bisa diatasi oleh kawan-kawan kita dari pihak kesehatan, dan alhamdulillah pagi ini pemeriksaan bisa dilaksanakan dengan lancar, karena mereka sudah segar,” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kantor Kemenag Tabalong.

Selama di perjalanan, rombongan jamaah haji difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong. Kepala Bagian Kesra Setda Tabalong, Alipansyah, mengatakan pihaknya menyediakan fasilitas berupa armada transportasi 8 unit bus, serta didukung tim kesehatan dan tim pengamanan dari Polres, Dishub, dan Satpol PP.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Tabalong yang bertanggung jawab atas memfasilitasi pemberangkatan ini mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder yang telah membantu dengan sepenuhnya, sehingga sampai hari ini alhamdulillah semua jamaah haji sudah terangkut atau sudah diberangkatkan ke embarkasi haji di Banjarbaru ini,” kata Alipansyah, Kabag Kesra Setda Tabalong.

Selanjutnya, jamaah haji Tabalong Kloter 18 dijadwalkan mengikuti acara pelepasan dari pukul 3 lewat 35 menit dinihari. Kemudian melaksanakan sholat subuh berjamaah, dan dilepas ke Bandara Syamsudin Noor untuk berangkat ke Tanah Suci pada pukul 8 lewat 35 menit.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment