Home Tabalong Hari Ini Jelang Pemberangkatan, Jamaah Haji Tabalong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Akhir

Jelang Pemberangkatan, Jamaah Haji Tabalong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Akhir

by Muhammad Rais
0 comment

Selain penyerahan dokumen, PPIH Embarkasi Banjarmasin juga melakukan pemeriksaan kesehatan akhir terhadap jamaah haji Tabalong Kloter 18. Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk menentukan kelayakan terbang jamaah haji ke Arab Saudi.

Petugas penyelenggara ibadah haji, atau PPIH Embarkasi Banjarmasin, melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh jamaah haji Tabalong Kloter 18 pada Rabu, 5 Juni 2024, di Aula Mekkah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Kota Banjarbaru.

Koordinator harian bidang kesehatan PPIH Embarkasi Banjarmasin, Abdul Samad, mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan ini merupakan tahap ketiga, yang merupakan lanjutan dan evaluasi dari pemeriksaan di tingkat kabupaten.

Ia menjelaskan bahwa pemeriksaan bertujuan untuk menentukan layak atau tidak layaknya jamaah haji terbang ke Arab Saudi.

“Untuk layak terbang, ada penyakit tertentu yang tidak diperkenankan melakukan penerbangan, seperti kadar HB kurang dari 8,5. Kemudian ada penyakit menular tertentu yang dilarang, seperti TBC aktif. Di tahap ketiga ini, pemeriksaan kesehatan lebih berorientasi pada hal tersebut,” ujar Abdul Samad, Koordinator Harian Kesehatan PPIH Embarkasi Banjarmasin.

Khusus untuk jamaah ibu-ibu yang termasuk kategori wanita subur, dilakukan tes urine. Tes urine bertujuan untuk memastikan bahwa ibu tersebut negatif atau tidak sedang hamil.

Hal ini sesuai dengan ketentuan penerbangan dari Indonesia ke Arab Saudi.

Baca Juga  Triwulan Pertama 2023, DPMPTSP Tabalong Terbitkan 250 Izin

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment