Home Tabalong Hari Ini DLH dan Masyarakat Bersihkan 10 Ton Sampah dari Sungai Mangkusip

DLH dan Masyarakat Bersihkan 10 Ton Sampah dari Sungai Mangkusip

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong menggelar kegiatan pembersihan sungai. Kegiatan ini pun diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan warga untuk tidak lagi membuang sampah di sungai.

Dinas Lingkungan Hidup menggelar kegiatan pembersihan sampah di Sungai Mangkusip RT 3 Desa Luk Bayur, Kecamatan Tanta, pada Senin, 10 Juni 2024.

Pembersihan sampah dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini melibatkan pegawai DLH, pihak aparat Desa Luk Bayur dan Kecamatan Tanta, unsur TNI-Polri, Balai Wilayah Sungai, BPBD, sejumlah perusahaan swasta yang beroperasi di wilayah Kecamatan Tanta, serta masyarakat sekitar.

Kegiatan diawali dengan pemotongan sejumlah kayu dan bambu yang menjadi penghalang arus sungai. Selanjutnya dilakukan pemilahan dan pengangkutan sampah secara bergotong-royong.

Saat diwawancara, Camat Tanta menjelaskan bahwa area Sungai Mangkusip menjadi lokasi utama karena banyaknya pohon bambu yang tumbuh di bantaran sungai, sehingga banyak batang bambu yang jatuh dan menjadi penyebab penumpukan sampah di area tersebut.

“Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Rony Saputra, mengharapkan kegiatan ini mampu mengedukasi masyarakat terkait pentingnya pengelolaan dan pemanfaatan sampah, serta meningkatkan kedisiplinan untuk tidak membuang sampah di area sungai.”

Dalam kegiatan ini, pihak DLH Kabupaten Tabalong menargetkan sampah yang terkumpul sebanyak 5 truk, namun setelah kegiatan selesai, sampah yang terkumpul melebihi target yang diharapkan, yakni sebanyak 10 truk atau kurang lebih 10 ton sampah.

Baca Juga  Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 500 Pohon Bakal Ditanam di Jalan Nan Sarunai

Sampah yang sebagian besar merupakan ranting kayu dan bambu akan dipilah. Untuk sampah yang masih dapat dimanfaatkan atau didaur ulang akan diserahkan ke TPS 3R terdekat, sementara untuk sampah yang tidak dapat didaur ulang akan diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir di TPA Bongkang.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment