Home Tabalong Hari Ini Cegah Stunting, Dinkes Tingkatkan Pengetahuan Kader Posyandu Tabalong

Cegah Stunting, Dinkes Tingkatkan Pengetahuan Kader Posyandu Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Sebagai upaya pencegahan dan penekanan angka stunting di Kabupaten Tabalong, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan kembali menggelar pertemuan orientasi pertumbuhan dan perkembangan balita pada Senin, 27 Mei 2024, di Gedung Informasi Pembangunan Tanjung.

Kegiatan pertemuan orientasi pertumbuhan dan perkembangan balita diikuti oleh 110 orang kader posyandu se-Kabupaten Tabalong.

Para peserta diberikan materi terkait pentingnya seribu hari pertama kehidupan (1.000 HPK), yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga bayi berumur 2 tahun.

Dalam materi tersebut meliputi pengetahuan tentang pertumbuhan kembang anak, asupan makanan yang dikonsumsi ibu dan anak, maupun pola asuh yang benar.

Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Hamrani, mengatakan kegiatan ini terselenggara dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan para kader dalam menjalankan tugasnya sebagai ujung tombak kesehatan di masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini juga digelar sebagai upaya pemerintah daerah dalam mencegah dan menekan angka stunting.

“Betul sekali, ini adalah untuk pencegahan upaya stunting yang ada di Kabupaten Tabalong. Bagaimana kan dia pengembangan, pertumbuhan, bayi, dan balita sehingga masyarakat itu tahu ilmunya sehingga dapat memberikan ilmu pengetahuan kepada kader tadi kepada si ibu, si ibu yang punya bayi dan balita,” ujar Hamrani, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong.

Hamrani berharap agar para kader dapat mempraktikkan langsung ilmu yang telah didapat saat pelaksanaan posyandu di wilayahnya masing-masing.

Selain itu, para kader ini juga diharapkan dapat menyebarluaskan ilmu yang telah didapat, agar ibu yang sedang hamil maupun memiliki bayi dan balita dapat mengerti tentang pentingnya pencegahan stunting sejak dini.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment