Home Tabalong Hari Ini Percepatan Tanam Padi, Upaya Pemkab Tekan Laju Inflasi

Percepatan Tanam Padi, Upaya Pemkab Tekan Laju Inflasi

by Muhammad Rais
0 comment

Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, mengapresiasi percepatan tanam di awal musim kemarau tahun 2024. Pasalnya, hal ini sejalan dengan upaya meningkatkan ketersediaan beras di daerah.

Apresiasi tersebut disampaikan Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, dalam sambutannya saat melakukan penanaman padi perdana musim kemarau secara simbolis pada Selasa, 28 Mei 2024, di Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Desa Jaro, Kecamatan Jaro.

Hamida mengatakan, percepatan tanam padi ini tidak lepas dari kerjasama yang baik antara petani, penyuluh, dan jajaran pemerintah.

Terlebih, menurutnya, pengelolaan pertanian di Tabalong semakin baik dan produktif lantaran mampu melakukan 2 hingga 3 kali tanam dalam setahun.

Disamping itu, semakin produktifnya pertanian tersebut juga dinilai berperan penting dalam menjaga angka inflasi Kabupaten Tabalong, khususnya pada kestabilan harga dan ketersediaan beras.

“Kalau di tempat lain yang kami tahu di daerah gambut itu satu kali saja setahun, nah kalau di sini sampai tiga kali, nah kita merasa bersyukur dengan kondisi wilayah kita yang cukup menguntungkan,” kata Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Hamida berharap seluruh jajaran penyuluh pertanian dan masyarakat petani dapat berkolaborasi dengan baik guna terus meningkatkan produksi pertanian di Tabalong.

Diketahui, pada musim tanam periode bulan Mei ini, penanaman padi akan dilakukan di lahan seluas 160 hektar dan ditargetkan pada bulan Juni penanaman padi dilakukan di lahan seluas 1.000 hektar.

Adapun padi yang ditanam kali ini ialah varietas unggul IP 200 yang dapat dipanen dalam kurun waktu tiga bulan.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment