Home Tabalong Hari Ini Billy Yahya Raih Medali Emas Satu-Satunya untuk Tabalong di Ajang POPDA

Billy Yahya Raih Medali Emas Satu-Satunya untuk Tabalong di Ajang POPDA

by Muhammad Rais
0 comment

Atlet pencak silat asal Tabalong berhasil meraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024. Atlet ini pun menjadi satu-satunya atlet Tabalong yang berhasil meraih medali emas di ajang tersebut.

Inilah Billy Yahya Saragih, pelajar kelas 10, yang berhasil meraih medali emas di ajang POPDA Kalsel di Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada 13 hingga 19 Mei 2024.

Billy, yang baru pertama kali mengikuti ajang POPDA ini, berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga pencak silat kelas H putra.

Bahkan, Billy yang sudah bergelut di olahraga pencak silat selama 10 tahun terakhir ini menjadi satu-satunya atlet Tabalong yang meraih medali emas di ajang POPDA Kalsel tahun ini.

Saat diwawancara, Billy mengaku sangat senang dan bangga telah mengharumkan nama Kabupaten Tabalong di kancah provinsi.

Menurutnya, prestasi tersebut berhasil diraih tidak lepas dari dukungan keluarga, pelatih, sekolah hingga sejumlah pihak lainnya.

“Alhamdulillah bisa membanggakan nama Tabalong khususnya dan kedepannya menjadi lebih baik lagi. (Persiapan sebelum POPDA bagaimana?) Ada mendapatkan surat dispensasi sekolah untuk mengikuti latihan sekitar sebulan lebih untuk latihan mandiri sama technical meeting,” ujar Billy Yahya Saragih, peraih medali emas POPDA Kalsel 2024.

Baca Juga  Keseruan Anak-Anak Mencari Telur Paskah di Area GKE Eppata Tanjung

Sementara itu, pelatih pencak silat, Abdul Azis Muslim, mengaku bersyukur atas capaian ini. Meskipun menurutnya para atlet belum dapat berlatih maksimal lantaran terbatasnya tempat latihan, namun tidak membuat potensi atlet pencak silat berkurang.

“Untuk kita mencari bibit-bibit unggul atlet pencak silat alhamdulillah di setiap perguruan itu pasti ada, potensi-potensi itu ada, cuman ya itu tadi kurangnya kita masih konsisten untuk tempat latihan khusus untuk atlet pembinaan tadi kita masih belum disupport oleh pemerintah daerah,” ujar Abdul Azis Muslim, pelatih pencak silat.

Setelah berhasil meraih medali emas pada POPDA Kalsel, Billy akan kembali mengikuti pemusatan latihan yang dilakukan oleh Pemprov Kalsel sebulan sebelum Pra POPNAS yang akan berlangsung di Bali tahun 2024 mendatang.

Diketahui, pada perhelatan POPDA Kalimantan Selatan tahun 2024, cabang olahraga pencak silat kontingen Tabalong berhasil mendapatkan 7 medali, yaitu satu medali emas, tiga medali perak pada kelas A putra, G putra, dan C putri, serta tiga medali perunggu pada kelas C putra, E putra, dan G putri.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment