Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Efisiensi Pertanian, Petani Tabalong Manfaatkan Combine Harvester

Tingkatkan Efisiensi Pertanian, Petani Tabalong Manfaatkan Combine Harvester

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tabalong telah memberikan bantuan mesin combine harvester bagi Kelompok Tani Bamban Desa Pudak Setegal RT 1 Kecamatan Kelua. Adanya mesin tersebut memudahkan para petani dalam memanen padi.

Bantuan mesin combine harvester atau alat pemanen padi yang dapat memotong, merontokkan serta membersihkan padi dalam satu waktu yang diberikan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabalong ini, sudah dioperasikan oleh Kelompok Tani Bamban Desa Pudak Setegal RT 1 Kecamatan Kelua sejak bulan April lalu.

Selain digunakan untuk anggota Kelompok Tani Bamban, mesin tersebut juga dapat dimanfaatkan petani kelompok lain dengan skema sewa sebesar 8 ribu rupiah per blek.

Pengurus Kelompok Tani Bamban, Ridhani Hadi mengatakan, dengan adanya bantuan mesin combine ini dapat mempermudah petani dalam memanen padi.

Pasalnya sebelumnya para petani melakukan panen dengan cara konvensional yang prosesnya dianggap lebih banyak memakan waktu dan tenaga.

“Alhamdulillah, masyarakat di sini merasa nyaman karena mereka tidak perlu bekerja keras lagi. Dulu memakai harit, banyak prosesnya. Kalau hari hujan, terpaksa mengumpulkan dan menggunakan mesin perontok, mengangkutnya. Dengan combine, tinggal mengarungi saja, sudah bersih,” kata Ridhani Hadi, Pengurus Kelompok Tani Bamban Desa Pudak Setegal.

Kepala DKPPTPH Tabalong, Fahrul Raji mengatakan, mesin combine harvester yang diberikan ini merupakan bantuan tahun 2023 yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Olahan Clay IRT di Tabalong Tembus Pasar Mancanegara

Fahrul Raji menuturkan, hal ini sebagai upaya dari DKPPTPH Tabalong untuk membantu para petani dalam hal modernisasi pertanian, melihat keuntungan serta manfaat yang dirasakan petani cukup besar.

“Alhamdulillah, dengan modernisasi alat pertanian ini tentunya masyarakat di Kabupaten Tabalong sangat bersyukur. Pertama adalah efisiensi dan juga efektivitas dari hasil yang mereka capai lebih baik. Ini juga untuk mengurangi kerugian, seperti kehilangan hasil panen karena alat ini langsung memasukkan padi ke dalam karung, sehingga mengurangi kehilangan,” ujar Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Fahrul Raji menghimbau kepada kelompok tani yang telah mendapatkan bantuan mesin combine harvester untuk dapat menjaga serta memelihara alat tersebut, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment