Home Tabalong Hari Ini Sekolah Lapang Jadi Cara Dongkrak Hasil Pertanian Tabalong

Sekolah Lapang Jadi Cara Dongkrak Hasil Pertanian Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

DKPPTPH Tabalong mendorong petugas penyuluh di Balai Penyuluh Pertanian kembali menggencarkan Sekolah Lapang. Pasalnya, Sekolah Lapang dinilai penting guna mendongkrak hasil pertanian.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong, Suparman, dalam rapat penyusunan program penyuluhan pertanian tingkat kabupaten Tabalong, pada Kamis, 30 Mei 2024, di Agri Resto Hikun Agripark Kecamatan Tanjung.

Suparman mendorong agar Sekolah Lapang dapat dimasukkan dalam program penyuluhan pertanian di delapan Balai Penyuluh Pertanian se Tabalong. Sekolah Lapang, menurutnya, dapat menjadi salah satu metode dalam proses belajar mengajar yang cukup efektif bagi petani. Terlebih dalam Sekolah Lapang, para petani dipandu untuk menemukan masalah pertanian dan didiskusikan langsung dengan para penyuluh.

Selain itu, menurutnya, Sekolah Lapang dinilai penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani khususnya dalam pemanfaatan teknologi pertanian.

“Jadi sekolah lapang itu adalah salah satu metode penyuluhan pertanian yang sangat efektif kita laksanakan karena dalam sekolah lapang ini kita bersama-sama dengan petani belajar berproses dari bagaimana kita memilih bibit tanaman sampai kita menghitung analisa usaha tani pada saat panen nanti,” kata Suparman, Sekretaris DKPPTPH Tabalong.

Suparman berharap melalui Sekolah Lapang ini nantinya berbagai permasalahan petani dapat segera terselesaikan sehingga mampu meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Desember 2023, Inflasi Tabalong Kembali Masuk 10 Terendah Se-Indonesia

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment