Home Tabalong Hari Ini PT Adaro Dukung Program Pengelolaan Lingkungan Desa Ribang

PT Adaro Dukung Program Pengelolaan Lingkungan Desa Ribang

by Muhammad Rais
0 comment

Desa Ribang, yang diusulkan naik kategori Proklim dari Utama menjadi Lestari, mendapat dukungan dari PT Adaro Indonesia. Dukungan tersebut berupa pembangunan bank sampah beserta fasilitas dan program-program pembinaan.

Sejak Desa Ribang, Kecamatan Muara Uya, ditetapkan sebagai Program Kampung Iklim atau Proklim kategori Utama tahun 2022, PT Adaro Indonesia turut mendukung Proklim tersebut selama dua tahun berturut-turut.

Kini Desa Ribang tengah dinilai untuk ditingkatkan kategori Proklimnya dari Utama menjadi Lestari. Salah satu tahap penilaian ialah verifikasi lapangan yang dimulai pada Selasa, 28 Mei 2024.

Kepala Desa Ribang, Sri Utari, yang ditemui usai pembukaan verifikasi lapangan Proklim mengaku bersyukur atas dukungan yang diberikan PT Adaro, terutama pembangunan Bank Sampah Ribang Bersinar. Pasalnya, bank sampah sangat bermanfaat untuk mengelola dan memilah sampah.

“Banget…sangat bermanfaat. Karena sebelumnya itu tidak ada tempat. Mereka berkantor di halaman rumah ketuanya. Sekarang sudah punya tempat untuk memilah, ada kantornya, dan Alhamdulillah lengkap dengan sanitasi dan kemudian dibuatlah di situ sumur resapan sebagai contoh bahwa inilah tindakan yang harus kita lakukan untuk menunjang Proklim ke Lestari,” ujar Sri Utari, Kepala Desa Ribang.

Sementara itu, CSR Supervisor Bidang Lingkungan Adaro, Dwi Priyatno Jatmiko, menjelaskan alokasi dana CSR untuk kegiatan Proklim merupakan hasil perumusan dengan tim Pemerintah Kabupaten Tabalong. Kemudian dana CSR Proklim disalurkan berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga  DKPPTPH Buka Layanan Konsultasi Pertanian di Pekan Raya Tabalong 2023

“Penyalurannya untuk dana Proklim ini seperti apa berdasarkan assessment yang kita lakukan di desa. Jadi bersama masyarakat desa kita menyusun kegiatan-kegiatan apa gitu, dan ini sifatnya perencanaan yang diawali di masyarakat. Bukan top down, tapi bottom up,” kata Dwi Priyatno Jatmiko, CSR Supervisor Bidang Lingkungan Adaro.

Adapun dana CSR yang sudah disalurkan untuk Proklim Desa Ribang mencapai 75 juta rupiah. Sebesar 30 juta rupiah tahun 2022 dialokasi untuk pembangunan Bank Sampah Ribang Bersinar. Kemudian 45 juta rupiah tahun 2023 untuk pembuatan WC bank sampah, sanitasi lingkungan, pengadaan mesin jahit untuk pembuatan tas dari sampah plastik yang didaur ulang, serta program-program pelatihan maupun Bimtek ke masyarakat.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment