Home Tabalong Hari Ini PJ Bupati Hamida Dorong Peningkatan Kinerja Posyandu dan Kader

PJ Bupati Hamida Dorong Peningkatan Kinerja Posyandu dan Kader

by Muhammad Rais
0 comment

Pemkab Tabalong terus berupaya memberikan perhatian terhadap peningkatan kinerja Posyandu dan para kader Posyandu. Pasalnya, peran dan fungsi Posyandu dinilai penting serta strategis dalam peningkatan kualitas SDM.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat (PJ) Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, dalam sambutannya saat pembukaan penilaian lomba Posyandu tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, di Desa Manduin, Kecamatan Muara Harus, Kabupaten Tabalong, pada Selasa, 14 Mei 2024.

Hamida menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tabalong akan terus berupaya memberikan perhatian terhadap peningkatan kinerja Posyandu dan para kader Posyandu. Hal ini mengingat betapa penting dan strategisnya peran serta fungsi Posyandu dalam peningkatan kualitas SDM.

Oleh karena itu, para kader Posyandu diharapkan juga terus meningkatkan pengetahuan dan kapasitasnya sebagai upaya peningkatan keterampilan kader. Sehingga ke depannya, kader Posyandu dapat berperan lebih baik lagi dalam mengelola Posyandu di masyarakat.

“Hal lain yang tidak kalah penting terkait diadakannya lomba ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan Posyandu, kinerja kader serta melakukan pembinaan terhadap apa yang masih perlu ditingkatkan, seperti tingkat partisipasi masyarakat, dan kesadaran akan pentingnya pemantauan status gizi, cakupan imunisasi pada bayi dan balita,” kata Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Camat Muara Harus, Rudy Noor Erwan, mengaku bersyukur dan bangga Posyandu Harapan Indah mewakili Tabalong di tingkat provinsi. Ia juga menilai lomba Posyandu menjadi tolak ukur sekaligus motivasi dalam mengembangkan Posyandu.

Baca Juga  Lantik Pengurus Forhati, Bupati Anang : Kita Harus Beda Pendapat

“Dipilihnya Posyandu Desa Manduin di Kecamatan Muara Harus mewakili Kabupaten Tabalong sangat kami syukuri dan banggakan, karena dapat menjadikan tolak ukur sekaligus motivasi bagi kami dalam mengembangkan dan mensukseskan kegiatan Posyandu sebagaimana salah satu program dan kegiatan dalam membangun desa secara maksimal,” ujar Rudy Noor Erwan, Camat Muara Harus.

Rudy menambahkan, pihaknya telah membenahi data-data yang dinilai masih kurang, sesuai saran DPMD Tabalong selaku tim penilai tingkat kabupaten. Ia berharap, tim penilai tingkat provinsi dapat memverifikasi dan memvalidasi data tersebut.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment