Home Tabalong Hari Ini Perempuan Puain Kiwa Dilatih Bikin Siomay dan Nugget Berbahan Ikan Patin

Perempuan Puain Kiwa Dilatih Bikin Siomay dan Nugget Berbahan Ikan Patin

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam upaya meningkatkan kualitas keluarga, DP3AP2KB Kabupaten Tabalong memberikan pelatihan pembuatan makanan bagi Kelompok Perempuan Indonesia Maju Mandiri atau PRIMA Desa Puain Kiwa, Kecamatan Tanjung, pada Selasa, 14 Mei 2024.

Pelatihan pembuatan berbagai jenis makanan yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tabalong diikuti sekitar 10 perempuan yang tergabung dalam Kelompok PRIMA Desa Puain Kiwa.

Dalam pelatihan ini, para peserta diberikan materi terkait cara mengolah bahan makanan yang baik dan benar dengan mengutamakan kebersihan dalam setiap prosesnya.

Selain itu, para peserta juga mempraktikkan langsung bagaimana pengolahan berbagai jenis makanan, seperti siomay, nugget, serta sosis, yang menggunakan bahan utama ikan patin.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan DP3AP2KB Kabupaten Tabalong, Nurmaliani, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan dilaksanakan sebagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kaum perempuan guna meningkatkan kualitas keluarga dan membentuk kesetaraan gender.

“Pelatihan keterampilan bagi perempuan adalah suatu gerakan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas, baik dari segi ekonomi, pengetahuan, dan keterampilan dalam mengelola ekonomi produktif serta merupakan upaya untuk menuju kesetaraan gender,” ujar Nurmaliani, Kabid Pemberdayaan Perempuan DP3AP2KB Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Sebanyak 490 Rumah Masyarakat yang Tak Layak Huni Akan Direnovasi Melalui 5 Program BSPS Tahap II Tahun 2023

Adanya pelatihan ini pun disambut baik oleh Camat Tanjung, Wira Hadi Kusuma. Ia berharap ilmu dan keterampilan yang sudah didapat peserta dapat diterapkan dan dimanfaatkan guna meningkatkan kualitas ekonomi keluarga.

“Kami dari Kecamatan Tanjung alhamdulillah sangat bersyukur karena ini salah satu peningkatan sumber daya perempuan kita yang ada di Kecamatan Tanjung, khususnya di Puain Kiwa. Jadi kami sangat mendukung kegiatan ini, mudah-mudahan ini nantinya bisa diterapkan di kecamatan kami untuk kegiatan-kegiatan pelatihan tersebut,” ujar Wira Hadi Kusuma, Camat Tanjung.

Diketahui, DP3AP2KB Kabupaten Tabalong rutin mengadakan kegiatan pelatihan bagi para perempuan yang tergabung dalam Kelompok PRIMA.

Yang mana pada tahun 2024 ini, pelatihan tersebut menyasar Kelompok PRIMA di 7 kecamatan.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment