Home Tabalong Hari Ini Kelompok PRIMA Lumbang Berupaya Sediakan Makanan Variatif di Riam Bidadari

Kelompok PRIMA Lumbang Berupaya Sediakan Makanan Variatif di Riam Bidadari

by Muhammad Rais
0 comment

Pelatihan keterampilan yang digelar DP3AP2KB Kabupaten Tabalong disambut baik sejumlah masyarakat. Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian keluarga.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tabalong menggelar pelatihan pembuatan mie ayam dan bakso pada Rabu, 15 Mei 2024, di Riam Bidadari Desa Lumbang, Kecamatan Muara Uya.

Pelatihan tersebut menyasar 30 perempuan yang tergabung dalam Kelompok Perempuan Indonesia Maju Mandiri (PRIMA) dari Desa Lumbang dan Simpung Layung Kecamatan Muara Uya, serta Desa Garagata Kecamatan Jaro.

Adanya pelatihan ini disambut baik sejumlah masyarakat, di antaranya Tuti Suyud.

Ia mengaku senang dengan adanya pelatihan ini, terlebih peserta yang ikut serta sebagian merupakan pedagang di Wisata Riam Bidadari.

Sehingga hal tersebut menurutnya akan memacu masyarakat untuk menyediakan menu makanan yang semakin bervariasi.

“Yang mana yang berdagang di Riam Bidadari ini kita ikutkan supaya tidak monoton hanya menjual yang kering-kering seperti mie bekuhup. Jadi, kami tertarik mengikuti pelatihan ini untuk mempelajari, supaya mengembangkan usaha dengan menjual bakso dan mie ayam, karena makanan ini paling banyak disukai oleh masyarakat,” ujar Tuti Suyud, peserta pelatihan.

Sementara itu, Kepala Desa Lumbang, Bahrin, turut senang dengan adanya pelatihan keterampilan bagi perempuan di Wisata Riam Bidadari. Selain untuk meningkatkan kemampuan peserta, pelatihan ini juga diharapkan dapat memperkenalkan wisata andalan setempat ke masyarakat luas.

“Kami sangat berterima kasih sekali kegiatan ini dilaksanakan di Desa Lumbang, dan lebih berterima kasih lagi karena dilaksanakan di objek wisata yang saat ini adalah satu-satunya objek wisata yang sangat diminati oleh masyarakat lokal maupun luar, baik dari Tabalong, luar Tabalong, bahkan luar Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur,” ujar Bahrin, Kepala Desa Lumbang.

Diketahui, pelatihan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh DP3AP2KB Tabalong, di mana jenis pelatihan yang diberikan berbeda-beda sesuai permintaan masyarakat.

Yang mana pada tahun 2024 ini, pelatihan tersebut menyasar Kelompok PRIMA di 7 kecamatan.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment