Home Tabalong Hari IniKesehatan Peringati Harganas ke-31, DP3AP2KB Tabalong Beri Layanan Pemasangan KB Gratis

Peringati Harganas ke-31, DP3AP2KB Tabalong Beri Layanan Pemasangan KB Gratis

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tahun 2024, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tabalong menggelar pelayanan KB serentak satu juta akseptor gratis pada Selasa, 4 Juni 2024.

Pelayanan KB satu juta akseptor dilaksanakan serentak di Balai Penyuluh KB dan puskesmas yang ada di 12 kecamatan se-Kabupaten Tabalong.

Pelayanan ini menargetkan 3.028 akseptor atau peserta KB pasangan usia subur yang telah menggunakan alat kontrasepsi secara aktif.

Adapun jenis kontrasepsi yang digunakan ialah metode jangka panjang atau MKJP jenis implan.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi, menjelaskan bahwa pelayanan ini diberikan sebagai upaya meningkatkan capaian pelayanan keluarga berencana serta menjaga keberlangsungan pemakaian kontrasepsi di Kabupaten Tabalong.

“Di mana pemasangan 1 batang ini merupakan alat kontrasepsi terbaru yang diluncurkan BKKBN Pusat, sehingga pemasangan implan ini agak cepat dan agak mudah. Artinya, manfaatnya sama dengan yang dulu-dulu, walaupun yang dulu 2 batang, tetapi sekarang 1 batang pemasangannya lebih mudah tapi manfaatnya sama,” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Rusmadi menambahkan, pelayanan KB khususnya MKJP ini diharap berperan dalam percepatan penurunan angka prevalensi stunting di Kabupaten Tabalong. Pasalnya, stunting dapat dicegah jika program KB berjalan optimal melalui kehamilan yang terencana.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment