Home Tabalong Hari Ini Peningkatan Ketahanan Pangan Jadi Fokus PJ Bupati Hamida Pasca Dilantik

Peningkatan Ketahanan Pangan Jadi Fokus PJ Bupati Hamida Pasca Dilantik

by Muhammad Rais
0 comment

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah menyebut peningkatan sektor ketahanan pangan akan menjadi fokus program pemerintah daerah tahun 2024. Ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan Tabalong sebagai daerah penyangga pangan IKN.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah saat diwawancara usai dilantik oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor pada Jumat, 22 Maret 2024, di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Hamida mengatakan upaya peningkatan ketahanan pangan akan menjadi salah satu program yang akan dilaksanakan pasca ia dilantik. Menurutnya, program peningkatan ketahanan pangan penting dilakukan mengingat posisi Tabalong yang berada dekat dengan Ibukota Nusantara.

Untuk mendukung hal tersebut, saat ini Pemerintah Kabupaten Tabalong juga telah memiliki pasar agribisnis yang menjadi pusat penjualan berbagai produk pertanian.

“Kita lebih ke arah peningkatan ketahanan pangan kita, jadi suatu saat jika kita surplus kita bisa menyuplai ke daerah lain dan itu pun akan kita upayakan kerjasama dengan kabupaten tetangga. Misalnya saja untuk beras, seandainya kita surplus, kita siap untuk menyuplai ke IKN. Kalau itu perlu lagi ditambah, kita akan bekerjasama dengan kabupaten lain,” ujar Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Diketahui, berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong pada tahun 2023, produksi beras di Tabalong mencapai 39.301 ton dari luas panen mencapai 12.751 hektar.

Baca Juga  Program Kegiatan APBD Perubahan 2022 Diharap Lebih Matang

(Tim Liputan TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment