Home Tabalong Hari Ini LSM Soroti Soal Pengembangan Pariwisata di Tabalong

LSM Soroti Soal Pengembangan Pariwisata di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

LSM Tabalong menginginkan adanya sinergitas antarstakeholder untuk pengembangan pariwisata di Tabalong, termasuk keterlibatan pihak ketiga. Pasalnya, pengembangan pariwisata menjadi hal penting dalam menggerakkan ekonomi masyarakat.

Hal tersebut dibahas dalam dialog antara 35 LSM dengan jajaran Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Tabalong yang difasilitasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Tabalong, pada Selasa, 11 Juni 2024, di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong, Tanjung.

Perwakilan LSM Tabalong, Erwansyah, menilai saat ini sinergitas antar stakeholder perlu ditingkatkan untuk pengembangan pariwisata di Tabalong.

Ia juga menyarankan adanya keterlibatan pihak ketiga agar pariwisata semakin maju dan berkembang.

“Ini harus diatur regulasinya supaya diatur betul-betul bahwa tempat wisata itu ini loh. Kan sekarang ini ada yang dari swadaya masyarakat dengan membentuk sebuah pariwisata, terkalangnya apa? Ini wilayah industri, ini wilayah hutan lindung, nah ini harus disinergikan. Menurut saya pariwisata harus mengambil langkah, ini harus disinergikan sehingga bisa paling enggak itu,” ujar Erwansyah, perwakilan LSM Tabalong.

Sementara itu, Kepala Disporapar Tabalong, Abdul Halim, menjelaskan saat ini pihaknya sedang berproses membuat RIPARDA atau Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah. Dalam RIPARDA nantinya termuat arah kebijakan dan desain pembangunan pariwisata, termasuk keterlibatan pihak ketiga.

“Ini adalah menjadi landasan dasar kita untuk melakukan kegiatan. Jadi nanti misalnya kita tidak mutlak harus menggunakan dana APBD. Saat ini penyusunan RIPARDA sudah menjalin kerja sama dengan pihak akademisi dari UGM untuk tenaga ahli. Mudah-mudahan di tahun 2025 itu sudah bisa terealisasi,” jelas Abdul Halim, Kepala Disporapar Tabalong.

Baca Juga  Petani Diajarkan Cara Membuat Pupuk Cair Rotan & Roma

Abdul Halim berharap, dengan adanya RIPARDA nanti, arah pengembangan pariwisata Tabalong dapat difokuskan untuk mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment