Home Tabalong Hari Ini Lontar Jumrah Hari Tasyrik Kedua Diikuti Ratusan Jamaah Haji Tabalong

Lontar Jumrah Hari Tasyrik Kedua Diikuti Ratusan Jamaah Haji Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Jamaah Haji Tabalong Kloter 09 Embarkasi Banjarmasin kembali melakukan pelontaran Jumrah pada hari Tasyrik kedua atau 12 Zulhijah 1445 Hijriyah, atau Selasa, 18 Juni 2024.

Prosesi pelontaran Jumrah pada hari kedua Tasyrik, 12 Zulhijah, diawali dengan komunikasi, informasi, dan edukasi kesehatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan Haji Kloter 9 Embarkasi Banjarmasin, yaitu Dokter Nurul Fahrena, Ners Helmy Wardani, dan Ners Erfan Mihardi.

Dalam kegiatan ini, TKH Kloter kembali memastikan kondisi kesehatan seluruh jamaah sebelum mengikuti prosesi pelontaran Jumrah.

Dokter Nurul Fahrena melaporkan bahwa pada prosesi lontar Jumrah kedua ini hanya diikuti oleh jamaah haji yang sehat. Sedangkan jamaah haji dengan risiko tinggi diarahkan untuk tetap berada di tenda dan dibadalkan oleh ketua regu atau anggota keluarganya.

Ketua Kloter 09 Embarkasi Banjarmasin, Fauzan Ahsani Hamdi, menjelaskan bahwa di hari kedua Tasyrik ini jamaah kembali melaksanakan lontar Jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah.

Sementara itu, Pembimbing Ibadah Haji Kloter 09 Embarkasi Banjarmasin, Ilhami, melaporkan bahwa pelaksanaan lontar Jumrah berjalan lancar.

Diketahui, lontar Jumrah adalah kegiatan melemparkan kerikil sebanyak 7 kali pada sebuah tiang, yang merupakan simbolisasi perlawanan abadi manusia terhadap setan.

Lontar Jumrah tidak lepas dari kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih puteranya Ismail, yang juga menjadi asal usul tradisi kurban saat Hari Raya Idul Adha.

Lontar Jumrah juga dilaksanakan selama 3 hari Tasyrik, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijjah.

(Tim Liputan Haji Kloter 9 Embarkasi Banjarmasin)

Related Articles

Leave a Comment