Home Tabalong Hari Ini DP3AP2KB Tabalong Bentuk Forum Masyarakat Yang Mewadahi Kasus Kekerasan Perempuan & Anak

DP3AP2KB Tabalong Bentuk Forum Masyarakat Yang Mewadahi Kasus Kekerasan Perempuan & Anak

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Tabalong, melalui UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak, berhasil menyelesaikan 100 persen kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di tahun 2023.

Selama tahun 2023, DP3AP2KB Tabalong melakukan pendampingan terhadap 38 kasus kekerasan anak dan 16 kasus kekerasan perempuan. Selain pendampingan, keseluruhan kasus juga sudah ditangani.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi, mengatakan bahwa dengan pendampingan, pihaknya berupaya menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak, baik melalui Forum Anak maupun melibatkan masyarakat dalam penekanan kasus kekerasan.

Dalam waktu dekat, DP3AP2KB Tabalong juga akan membentuk Perlindungan Terpadu berbasis Masyarakat. Di tahun 2023 lalu, 50 persen desa di Tabalong telah membentuk Perlindungan Terpadu berbasis Masyarakat.

“Mudah-mudahan kita berharap dengan terbentuknya semua nanti di desa-desa, perlindungan terpadu berbasis masyarakat yang anggotanya adalah seluruh unsur masyarakat, ada tokoh masyarakat, ulama, remaja, perempuan, usahawan berkumpul disana dalam satu wadah untuk melindungi anak dan perempuan di desanya, maka mudah-mudahan ini bisa teratasi dengan baik. Mudah-mudahan ditingkat PTBM sudah selesai kasus itu.” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Pembentukan ini akan dilakukan secara bertahap dengan kemampuan anggaran yang tersedia, dimana untuk tahun 2024 akan dibentuk di 12 desa yang rencananya akan dimulai pada akhir Februari.

Baca Juga  DKPPTPH Ajak Kelompok Tani Wanita Manfaatkan Pekarangan untuk Hortikultura

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment