Home Tabalong Hari Ini Dinilai Sejalan, Pemkab Dukung Program Koperasi Dermawan Indonesia

Dinilai Sejalan, Pemkab Dukung Program Koperasi Dermawan Indonesia

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong mendukung penuh keberadaan Koperasi Dermawan Indonesia. Pasalnya, koperasi ini dinilai turut berperan dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia Tabalong.

Dukungan tersebut diungkapkan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Tabalong, Syamani, disela pengajian wirausaha yang digelar Koperasi Dermawan Indonesia bersama Masyarakat Ekonomi Syariah pada Rabu, 8 Mei 2024, di Gedung PLUT KUMKM Tabalong, Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Syamani menilai program kerja Koperasi Dermawan Indonesia Tabalong yang tidak hanya bergerak di bidang ekonomi saja, namun juga telah merambah bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat harus terus didukung.

Pasalnya, hal tersebut menurutnya sejalan dengan upaya pemerintah daerah untuk memajukan UMKM sekaligus sumber daya manusia di Tabalong.

Untuk mengembangkan koperasi ini, Syamani akan membantu menyediakan petugas khusus yang bertugas membantu UMKM maupun IKM binaan Koperasi Dermawan Indonesia untuk mengakses lembaga permodalan, hingga kesiapan administrasinya.

“Mungkin Koperasi Dermawan Indonesia memiliki keterbatasan untuk peningkatan modal usaha UMKM dan IKM binaan, kami siap melalui apakah itu Kredit UMi, kemudian Kredit Gerbang Emas, atau Kredit Usaha Rakyat.” ujar Syamani, Kepala DKUKMPP Tabalong.

Syamani berharap Koperasi Dermawan Indonesia terus berperan dalam memajukan perekonomian dan sumber daya manusia di Tabalong, terlebih dengan posisi Tabalong sebagai penyangga IKN.

Baca Juga  Sosialisasi PUSPAGA DP3AP2KB Sasar 6 Sekolah

Diketahui, saat ini Koperasi Dermawan Indonesia Tabalong memiliki sekitar 45 anggota yang merupakan pelaku usaha UMKM dan IKM.

Koperasi ini bergerak di bidang ekonomi dengan melayani simpan pinjam dan gadai syariah, serta di bidang pendidikan melalui Yayasan Baitul Tahfidz Entrepreneur yang berfokus pada pembelajaran Al-Qur’an gratis.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment