Home Tabalong Hari Ini Pelatihan Potensi SAR Diundur, Tabalong Dapat Kuota 30 Peserta

Pelatihan Potensi SAR Diundur, Tabalong Dapat Kuota 30 Peserta

by Muhammad Rais
0 comment

Pelatihan Potensi SAR di Kabupaten Tabalong dipastikan diundur dari rencana semula. Diundurnya pelatihan ini dilakukan guna mematangkan persiapan pelatihan.

Rencana diundurnya pelatihan Potensi SAR di Kabupaten Tabalong terungkap saat pertemuan antara Komisi III DPRD Tabalong bersama Basarnas Kalsel pada Rabu, 8 Mei 2024, di ruang rapat Sekretariat DPRD Tabalong.

Dalam rapat ini diketahui, pelatihan yang rencananya digelar pada bulan Mei ini diundur menjadi minggu kedua bulan Juni 2024.

Pelatihan tersebut menyasar 50 peserta, di mana 30 di antaranya diprioritaskan bagi peserta dari Tabalong, seperti Tim Reaksi Cepat BPBD, UPBS, dan organisasi atau relawan lainnya.

Kasubsi Sumber Daya Pertolongan dan Pencarian Basarnas Kalimantan Selatan, Deddy Gosal, menjelaskan bahwa saat ini pihaknya terus mematangkan persiapan, seperti pendataan peserta hingga sarana prasarana pelatihan.

“Ini kan baru finalisasi untuk rencana kegiatannya. Sementara kalau kita paksakan di Mei untuk data pesertanya saja kami belum memiliki. Untuk persiapan, kami butuh data karena dalam rangka untuk memberikan perlengkapan terkait dengan peserta yang nanti akan mengikuti pelatihan. Kalau dikasih kesempatan sebulan ini, kami rasa kurang untuk kami melaksanakan. Daripada kita terburu-buru, nanti ada sesuatu hal yang terjadi, mending diberikan waktu yang panjang agar persiapannya lebih matang lagi.” ujar Deddy Gosal, Kasubsi Sumber Daya Pertolongan & Pencarian Basarnas Kalimantan Selatan.

Baca Juga  Maulid Makan Batalam Jadi Ajang Pelestarian Tradisi Masyarakat

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong, Ferry Elpeni, berharap para peserta dapat memanfaatkan peluang pelatihan tersebut guna meningkatkan keahlian dan kemampuan di bidang SAR.

“Jadi untuk pesertanya dari DPRD Tabalong memprioritaskan, menginginkan agar semua peserta nanti dari Tabalong, karena kuota yang diberikan Basarnas Kalimantan Selatan 50, karena ada permohonan terdahulu dari kabupaten lain mereka menginginkan 30 dari Tabalong. 20 peserta yang terdahulu mendaftar di Basarnas, jadi kami tadi meminta kalau memungkinkan ke 50 kuota yang diberikan Basarnas untuk Kabupaten Tabalong itu pesertanya semua dari Kabupaten Tabalong.” ujar Ferry Elpeni, Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong.

Diketahui, pelatihan Potensi SAR dilaksanakan selama 1 minggu dengan sistem boarding atau asrama yang direncanakan digelar di Balai Rakyat Dandung Suchrowardi Komplek Pendopo Bersinar Pembataan.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment