Home Tabalong Hari Ini Cegah Kecelakaan, Begini Pesan Polres Tabalong untuk Pemudik

Cegah Kecelakaan, Begini Pesan Polres Tabalong untuk Pemudik

by Muhammad Rais
0 comment

Memasuki libur panjang dan mudik Lebaran 1445 Hijriah, Polres Tabalong mengingatkan masyarakat terkait pentingnya menjaga keselamatan dalam berlalu lintas. Ini dilakukan guna meminimalisir potensi kecelakaan selama perjalanan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tabalong, AKP Andi Tri Hidayat, usai apel operasi Ketupat Intan 2024, di halaman pendopo Bersinar Pembataan, Rabu 3 April 2024.

AKP Andi Tri Hidayat menekankan kepada masyarakat khususnya pemudik agar memastikan kondisi fisik sebelum melakukan perjalanan. Memeriksa dan memastikan kendaraan dalam kondisi baik, seperti mengecek kondisi oli, ban, rem, dan mesin.

Memakai pelindung diri seperti helm SNI dan pelindung dada untuk pengendara motor, serta memakai safety belt untuk pengendara mobil.

Selain itu, Tri Hidayat juga mengingatkan para pemudik untuk tidak berlebihan membaa barang, pasalnya kelebihan muatan merupakan salah satu pemicu terjadinya kecelakaan.

“Kami himbau juga pada masyarakat untuk beban jangan terlalu overload. Nah, mungkin kalau pakai minibus silakan diisi sesuai dengan peruntukannya. Jadi kalau Avanza mungkin yang Avanza belakang 3, tengah 3, depan 2, jangan diisi overload. Mengingat memang rawan akan kecelakaan, terus untuk barang bawaan juga jangan berlebihan, jadi silakan disesuaikan dengan kapasitas bagasi,” ujar AKP Andi Tri Hidayat, Kasatlantas Polres Tabalong.

AKP Andi Tri Hidayat mengimbau masyarakat agar menjaga keamanan dan mentaati rambu-rambu lalu lintas guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga  Yudi Lesmana Jadi Ketua Karang Taruna Tabalong 2023-2028

Diketahui, untuk meminimalisir kecelakaan, Polres Tabalong juga telah menambah sejumlah rambu-rambu lalu lintas sementara di sejumlah titik rawan kecelakaan di Kabupaten Tabalong.

Selain itu, untuk memantau perjalanan mudik maupun arus balik, Polres Tabalong juga mendirikan 1 pos pelayanan terpadu di simpang 3 Guru Danau, dan 2 pos pengamanan yang berada di depan Kecamatan Jaro dan Terminal Pasar Kelua.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment