Home Tabalong Hari Ini Bupati Anang: Jika Kemampuan Fiskal Longgar, Maka Alsintan Akan Terus Ditambah

Bupati Anang: Jika Kemampuan Fiskal Longgar, Maka Alsintan Akan Terus Ditambah

by Muhammad Rais
0 comment

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, berharap pekerjaan petani di Tabalong semakin efektif dan efisien dengan adanya alat dan mesin pertanian. Hal ini menyusul diserahkannya bantuan ratusan ALSINTAN bagi puluhan kelompok tani di Tabalong.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, saat memberikan sambutan pada penyerahan alat dan mesin pertanian untuk kelompok tani di Kabupaten Tabalong pada Selasa, 2 Januari 2023, di halaman Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tabalong.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, menjelaskan bahwa meskipun Kabupaten Tabalong bukan dikenal sebagai penghasil pertanian, namun setiap harinya Kabupaten Tabalong mengirimkan 1,5 ton hasil pertanian keluar daerah. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan modernisasi alat dan mesin pertanian yang digunakan para petani.

Untuk itu, Anang menambahkan, agar produktivitas pertanian semakin meningkat dan pekerjaan petani semakin efektif serta efisien, pemerintah daerah akan terus berupaya mengadakan bantuan ALSINTAN bagi petani.

“Peralatan ini lagi tidak dipakai oleh kelompok tani yang bersangkutan, ini bisa disewa oleh kelompok tani yang lain, nah sambil kita berusaha mudah-mudahan di tahun 2024 ini, kemampuan fiskal kita makin longgar ya, sehingga kemampuan kita untuk membeli ALSINTAN ini semakin meningkat, ya udah kita anggarkan lagi 10 miliar kita beli lagi.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Dandim 1008 Tabalong Minta Warga Haruai Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

Diketahui, total sebanyak 102 ALSINTAN yang dibeli melalui dana APBD tahun anggaran 2023 oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tabalong diserahkan kepada puluhan kelompok tani. Adapun ALSINTAN yang diserahkan meliputi 3 unit Combine Harvester, 2 unit Traktor Roda 4, 42 unit Traktor Rotary, 14 unit Cultivator, 29 unit Power Thresher, 10 unit Pompa Air, sedangkan satu unit Excavator dan satu unit Low Boy ditujukan bagi UPTD ALSINTAN DKPPTPH Tabalong.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment