Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Kelompok Tani Terima Ratusan Alsintan

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Kelompok Tani Terima Ratusan Alsintan

by Muhammad Rais
0 comment

Guna meningkatkan ketahanan pangan dan hortikultura di Kabupaten Tabalong, Pemerintah Kabupaten Tabalong menyerahterimakan ratusan alat dan mesin pertanian atau ALSINTAN kepada puluhan kelompok tani pada Selasa, 2 Januari 2024, di halaman Kantor DKPPTPH Tabalong Mabuun.

Penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian diserahkan langsung oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, didampingi Ketua DPRD Tabalong, Mustafa, Asisten Perekomonian dan Kesra Setda Tabalong, Noor Zain A. Yani, serta Kepala DKPPTPH Tabalong, Pahrul Razi.

Total sebanyak 102 ALSINTAN yang dibeli melalui dana APBD tahun anggaran 2023 Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tabalong diserahkan kepada puluhan kelompok tani. ALSINTAN yang diserahkan meliputi 3 unit Combine Harvester, 2 unit Traktor Roda 4, 42 unit Traktor Rotary, 14 unit Cultivator, 29 unit Power Thresher, 10 unit Pompa Air, serta satu unit Excavator dan satu unit Low Boy yang ditujukan bagi UPTD ALSINTAN DKPPTPH Tabalong.

Kepala DKPPTPH Tabalong, Fahrul Raji, menjelaskan bahwa penyerahterimaan ALSINTAN kepada kelompok tani bertujuan untuk meningkatkan produksi tanaman pangan sekaligus modernisasi ALSINTAN.

“Meningkatkan secara umum meningkatkan produksi tanaman pangan dan hortikultura, dan sekaligus untuk modernisasi alsin kita. Kita dari dinas untuk kelompok tani supaya mereka untuk mudah supaya cepat melakukan olah tanam, nah makanya mudah mudahan dengan percepatan olah tanam ini mungkin nanti permintaan misalnya dari masyarakat mudah-mudahan itu bisa kita penuhi.” ujar Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Baca Juga  Smote Ireng Bagikan 800 Paket Sembako Untuk Warga Tabalong

Fahrul Raji berharap, dengan adanya penyerahterimaan alat dan mesin pertanian ini, kelompok tani semakin semangat untuk melaksanakan pekerjaan pertaniannya.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment