Home Tabalong Hari Ini BUMDES Berkah Bersama Maburai Raih Juara 1 Lomba BUMDES

BUMDES Berkah Bersama Maburai Raih Juara 1 Lomba BUMDES

by Muhammad Rais
0 comment

BUMDES Berkah Bersama Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak akan mewakili Kabupaten Tabalong pada Lomba BUMDES tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Pengelolanya optimis akan meraih hasil terbaik di ajang tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Direktur BUMDES Berkah Bersama Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak, Junaidi, saat diwawancarai usai menerima hadiah dan penghargaan dari Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional sekaligus peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke-28, Senin 6 Mei 2024.

Junaidi mengaku bersyukur BUMDES yang ia kelola berhasil meraih juara pertama Lomba BUMDES tingkat Kabupaten dan akan mewakili Tabalong di ajang Lomba BUMDES tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurutnya, keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerjasama yang baik para pengurus sehingga penilaian administrasi, struktur, dan unit usaha yang dijalankan dapat tersaji dengan baik.

Junaidi optimis BUMDES Berkah Bersama yang memiliki unit usaha pengelolaan sampah, usaha pembibitan, dan pengolahan air minum desa atau PAMDes ini mampu meraih hasil terbaik di tingkat provinsi.

“Persiapannya sampai saat ini kami sudah optimis, mudah-mudahan bisa juara. Sampai saat ini kami terus membenahi administrasi, kemudian juga tata kelola di BUMDES Berkah Bersama Maburai,” ujar Junaidi, Direktur BUMDES Bina Bersama Desa Maburai.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tabalong, Rahadian Noor, mengatakan pihaknya akan terus melakukan pembinaan pada BUMDES Bina Bersama guna menyiapkan penilaian di tingkat provinsi.

Baca Juga  Hari Kedua Ramadan, Harga Bapokting Berubah di 2 Pasar Besar

“Kalau dari pola pembinaan, tentunya baik dari desa sendiri, pihak kecamatan, dan juga dari Dinas PMD ini sudah melakukan monitoring dan pembinaan untuk kesiapan penilaian BUMDES di tingkat provinsi,” ujar Rahadian Noor, Kepala DPMD Kabupaten Tabalong.

Pada Lomba BUMDES tingkat Kabupaten Tabalong tahun ini, juara 1 diraih BUMDES Berkah Bersama Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak, juara 2 BUMDES Bina Bersama Desa Kaong Kecamatan Upau, juara 3 BUMDES Paliat Berkah Desa Paliat Kecamatan Kelua, juara harapan 1 BUMDES Tunas Jaya Desa Usih Kecamatan Bintang Ara, dan juara harapan 2 BUMDES Rakat Sepakat Desa Garunggung Kecamatan Tanjung.

Para juara mendapatkan uang pembinaan masing-masing, 13 juta rupiah untuk juara 1, 8 juta rupiah juara 2, 7 juta rupiah juara 3, 4 juta rupiah juara harapan 1, dan 3 juta rupiah juara harapan 2.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment