Home Tabalong Hari Ini 29 Pendaftar Baru Panwascam Ikuti Tes Wawancara

29 Pendaftar Baru Panwascam Ikuti Tes Wawancara

by Muhammad Rais
0 comment

Dari 112 pendaftar baru calon anggota Panwascam Pilkada tahun 2024 yang mengikuti tes tertulis, 30 di antaranya dinyatakan lulus untuk mengikuti tes wawancara. Visi, misi, dan komitmen calon anggota Panwascam menjadi aspek penilaian.

Bawaslu Tabalong melaksanakan tes wawancara pendaftar baru calon anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Tabalong tahun 2024, dari tanggal 19 Mei sampai dengan 20 Mei 2024, di kantor Bawaslu Tabalong, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Tes wawancara dilakukan terhadap 30 pendaftar baru yang dinyatakan lulus seleksi tertulis, terdiri dari 21 laki-laki dan 9 perempuan.

Seleksi pendaftar baru tersebut untuk mengisi kebutuhan 15 formasi di 10 kecamatan, dari total 36 formasi Panwascam.

Sedangkan 21 formasi sudah diisi peserta existing yang dinyatakan lolos evaluasi kinerja pada akhir bulan April lalu.

Dari 30 pendaftar baru, tes wawancara diikuti 29 orang, sementara 1 orang berhalangan hadir sehingga dinyatakan gugur.

Tes wawancara berlangsung selama dua hari dengan dua sesi setiap harinya, dari pukul 9 sampai dengan pukul 17.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Tabalong, Muhammad Zainudin, yang ditemui satu hari pasca tes wawancara memaparkan, empat aspek penilaian wawancara ialah pertama, pendalaman visi misi, motivasi, integritas, dan komitmen bekerja penuh waktu calon anggota Panwascam.

Kedua, pengalaman dan pengetahuan tentang penyelenggaraan pengawasan pemilihan, serta tata kelola pemilu inklusif. Ketiga, pengetahuan tentang kearifan lokal. Keempat, kemampuan komunikasi, kerjasama tim, kualitas kepemimpinan, dan kemampuan berorganisasi.

“Kemarin pas proses seleksi wawancara kita juga mengadakan klarifikasi bagi peserta yang ada tanggapan masyarakat. Dan menjadi bahan pertimbangan kita nantinya,” ujar Zainudin, Koordinator Divisi P3S Bawaslu Tabalong.

Pasca tes wawancara calon anggota baru Panwascam, saat ini Bawaslu Tabalong tengah melakukan rekapitulasi penilaian hasil wawancara. Selanjutnya, pleno penetapan calon anggota Panwascam dan pengumuman Panwascam terpilih pada 23 Mei 2024.

Untuk pelantikan dan pembekalan Panwascam, dijadwalkan tanggal 24 sampai dengan 25 Mei 2024. Nantinya, 15 Panwascam baru yang dinyatakan lulus seleksi wawancara akan dilantik bersama 21 Panwascam existing, sehingga total 36 Panwascam se-Kabupaten Tabalong, atau 3 Panwascam setiap kecamatan.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment