Home Tabalong Hari Ini H-1 Keberangkatan Jamaah Haji, 8 Bus Diuji Kelayakan

H-1 Keberangkatan Jamaah Haji, 8 Bus Diuji Kelayakan

by Muhammad Rais
0 comment

H-1 keberangkatan rombongan jamaah haji Tabalong, delapan unit bus yang akan mengangkut jamaah haji diuji kelayakan teknis dan jalan. Berdasarkan hasil pengujian, seluruh armada angkutan dinyatakan dalam kondisi baik.

UPTD Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Tabalong melakukan ramp check atau uji kelayakan teknis dan jalan delapan unit bus yang akan mengangkut rombongan jamaah haji Tabalong.

Pengujian dilakukan pada Selasa malam, 21 Mei 2024, sebelum hari H jadwal keberangkatan rombongan jamaah haji.

Pengujian meliputi pemeriksaan perlengkapan dan peralatan kendaraan, komponen kendaraan seperti ban, wiper, lampu, serta uji layak jalan seperti rem, intensitas cahaya lampu, emisi, dan keakuratan kecepatan kendaraan.

Kepala UPTD Balai PKB Tabalong, Markurius Djatmiko, yang ditemui usai pengujian menyatakan, secara umum seluruh armada bus dalam kondisi baik dan siap mengangkut rombongan jamaah ke Asrama Haji Banjarbaru.

“Pada umumnya kondisi teknis dan layak jalan bus yang kami periksa dalam keadaan baik dan siap untuk dioperasikan membawa calon jamaah haji ke Banjarbaru,” ujar M. Djatmiko, Kepala UPTD Balai PKB Tabalong.

Meski secara umum seluruh angkutan dalam kondisi baik, beberapa bus memiliki catatan minor yang perlu diperbaiki dan dilengkapi secara teknis.

Hal ini sudah disampaikan ke penyedia angkutan, mereka pun berjanji untuk melengkapi catatan-catatan yang menjadi temuan pemeriksaan sebelum keberangkatan rombongan jamaah haji.

Diketahui, Pemkab Tabalong menyediakan 8 unit bus utama dan 1 unit bus cadangan untuk mengangkut rombongan pertama jamaah haji Tabalong menuju Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

Rencananya, sebanyak 315 jamaah haji dan 5 orang petugas haji yang masuk dalam Kloter 9 Embarkasi Banjarmasin dijadwalkan masuk ke Asrama Haji pada Kamis, 23 Mei 2024 pagi, dan berangkat ke Tanah Suci pada pukul 02.00 WITA, Jumat, 24 Mei 2024, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 8109.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment