Home Tabalong Hari Ini 8 Driver Bus Pengangkut Jamaah Haji Jalani Tes Urine Narkoba

8 Driver Bus Pengangkut Jamaah Haji Jalani Tes Urine Narkoba

by Muhammad Rais
0 comment

Untuk memastikan perjalanan jamaah haji dari Kabupaten Tabalong menuju Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin berjalan dengan aman, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tabalong melakukan tes narkoba pada driver bus yang akan membawa jamaah haji.

Sebanyak 8 orang driver bus yang akan mengangkut rombongan haji Kloter 9 Embarkasi Banjarmasin menjalani tes narkoba oleh tim BNNK Tabalong, Rabu, 22 Mei 2024, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan dengan menggunakan 7 parameter, seluruh driver bus dinyatakan negatif narkoba.

Kepala BNNK Tabalong, Tukiman, menjelaskan bahwa pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan bahwa driver bus bebas dari penggunaan narkoba. Hal ini dinilai penting untuk menghindari terjadinya human error yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

“Tujuan kami dari Badan Narkotika Kabupaten Tabalong yang pertama adalah untuk menyiapkan driver yang betul-betul ready dan tidak terdampak kaitannya dengan narkoba. Karena cukup penting bahwa bagaimana perjalanan bukan saja kepada jalan, tapi juga kecelakaan juga menjadi human error yang menjadi utama. Nah ini kita menyiapkan untuk betul-betul driver kita lakukan deteksi dini yaitu mengupayakan bagaimana membawa jemaah haji sampai ke tujuan tidak ada hambatan di jalan,” ujar AKBP Tukiman, Kepala BNNK Tabalong.

Selain melakukan pemeriksaan pada driver bus, Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong juga sebelumnya telah melakukan ramp check atau uji kelayakan teknis dan jalan pada bus yang akan mengangkut jamaah haji dari Tabalong menuju Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin.

Baca Juga  1523 Formasi Disiapkan Untuk P3K Kemenag Kalsel

Diketahui, Pemkab Tabalong menyediakan 8 unit bus utama dan 1 unit bus cadangan untuk mengangkut rombongan pertama jamaah haji Tabalong menuju Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

Rencananya, sebanyak 315 jamaah haji dan 5 orang petugas haji yang masuk dalam Kloter 9 Embarkasi Banjarmasin dijadwalkan masuk ke Asrama Haji pada Kamis, 23 Mei 2024 pagi, dan berangkat ke Tanah Suci pada pukul 02.00 WITA, Jumat, 24 Mei 2024, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 8109.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment