Home Tabalong Hari Ini 27 Pokdarwis Ujung Tombak Pengembangan Wisata di Tabalong

27 Pokdarwis Ujung Tombak Pengembangan Wisata di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tabalong berupaya meningkatkan pengelolaan objek wisata melalui pembinaan Pokdarwis. Pasalnya, Pokdarwis menjadi ujung tombak pengembangan wisata.

Hingga tahun 2024, terdapat sebanyak 27 Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis yang telah dibina Disporapar Tabalong.

27 Pokdarwis yang tersebar di berbagai kecamatan tersebut pun telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Tabalong.

Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Tabalong, Katharina Dike Sovia Luci, mengatakan pembinaan yang diberikan berupa bimbingan teknis pengelolaan daerah wisata yang dimiliki, administrasi tata kelola, hingga cara pengelolaan masing-masing destinasi wisata.

Selain pembinaan, pihaknya juga rutin memberikan dana stimulan yang digunakan untuk perawatan sarana dan prasarana maupun operasional masing-masing Pokdarwis.

“Selama ini Pokdarwis pembinaannya selalu dilakukan secara kontinu, ada per 3 bulan misalnya, lalu ada dana stimulan pada Pokdarwis untuk perawatan dan lain-lain, sesuai dengan kebutuhan DTW mereka. Ada juga pembinaan terhadap bimbingan teknis pengelolaan daerah wisata mereka, bagaimana cara pengelolaan, tata kelola, dan hal-hal seperti itu. Juga ada pembinaan terhadap Pokdarwis tersebut,” kata Katharina Dike SL, Kabid Pariwisata Disporapar Tabalong.

Katharina menambahkan, Pokdarwis merupakan ujung tombak pengembangan pariwisata, sehingga pihaknya akan terus berkomitmen memberikan pembinaan dan membantu segala kebutuhan untuk kemajuan wisata yang dimiliki.

Disamping itu, pihaknya juga membuka peluang adanya pembentukan Pokdarwis baru yang akan dilakukan pembinaan.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment