Home Tabalong Hari Ini 1,5 Ton Beras Bulog Ludes Terjual di Pasar Murah TP PKK Kalsel

1,5 Ton Beras Bulog Ludes Terjual di Pasar Murah TP PKK Kalsel

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pasar murah di Kabupaten Tabalong. Melalui pasar murah, Pemprov Kalsel menjual bapokting dengan harga distributor, sehingga harga bapokting lebih murah 2 ribu hingga 5 ribu rupiah dibandingkan harga di pasaran.

Tim Penggerak PKK Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan menggelar pasar murah pada Rabu, 27 Maret 2024, di halaman kantor Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.

Pasar murah merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK ke-5 tahun 2024 dan Safari Ramadhan 1445 Hijriah.

Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel, Raudatul Jannah, menyampaikan bahwa kenaikan harga barang kebutuhan pokok dan barang penting atau bapokting lumrah terjadi pada setiap momen keagamaan seperti bulan Ramadhan. Hal ini lantaran lebih banyak permintaan daripada ketersediaan pasar. Namun, ia berharap kenaikan harga bapokting dalam batas wajar dan bisa dikendalikan melalui pasar murah.

Raudatul Jannah pun mengimbau kepada masyarakat khususnya ibu-ibu agar lebih cermat dan hemat dalam berbelanja, karena kedua cara tersebut dapat menjadi solusi ditengah bergejolaknya harga bapokting, selain dukungan dari pemerintah.

“Mana skala prioritas ya, mana yang nanti dulu, mana yang tidak usah dulu. Kalo itu bisa dilakukan, insyaallah meskipun harga melonjak tidak akan mudah terpengaruh. Prioritaskan pada barang-barang yang betul-betul kebutuhan pokok yang menjadi kebutuhan dasar sebagai hidup sehat dan layak,” ujar Raudatul Jannah, Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel.

Baca Juga  UPBS di Tabalong Akan Terima Insentif & Uang Makan dari Pemda

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Sulkan, menjelaskan bahwa melalui pasar murah ini Pemprov Kalsel menjual bapokting dengan harga distributor, sehingga harga bapokting lebih murah 2 ribu hingga 5 ribu rupiah dibandingkan harga di pasaran.

“Kalo pasar murah ini tidak ada subsidi, tapi kami harga distributor. Kecuali operasi pasar, nah itu ada subsidi karena operasi pasar itu untuk menekan inflasi. Kalo pasar murah ini hanya untuk membantu meringankan aja, dan sesungguhnya di provinsi Kalimantan Selatan angka inflasinya termasuk 10 provinsi terendah se-Indonesia,” ungkap Sulkan, Kepala Dinas Perdagangan Kalsel.

Diketahui bapokting yang dijual melalui pasar murah antara lain gula 16 ribu 500 rupiah per kilogram dengan ketersediaan 500 kilogram, minyak goreng 14 ribu rupiah per liter dengan ketersediaan 720 liter, tepung 11 ribu rupiah per kilogram dengan ketersediaan 120 kilogram, teh celup 4 ribu rupiah per kotak dengan ketersediaan 240 kotak, dan telur ayam 55 ribu rupiah per tray atau 30 butir dengan ketersediaan 400 tray.

Pasar murah ini juga dikerjasamakan dengan Bulog. Bulog menjual beras 55 ribu rupiah per 5 kilogram dengan ketersediaan 1 koma 5 ton, gula 17 ribu 500 rupiah per kilogram dengan ketersediaan 100 kilogram, dan daging sapi frozen 85 ribu rupiah per kilogram dengan ketersediaan 20 kilogram. Seluruh komoditi yang dijual Bulog ini ludes dibeli masyarakat.

Baca Juga  KPU Tabalong Terima 4 Tanggapan Masyarakat Soal DCS Caleg

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment