Home Tabalong Hari Ini Usulan Musrenbang Tanta Didominasi Bidang Infrastruktur

Usulan Musrenbang Tanta Didominasi Bidang Infrastruktur

by Muhammad Rais
0 comment

Tanta menjadi kecamatan pertama pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah RKPD Kabupaten Tabalong tahun 2025. Ratusan usulan dihimpun dengan prioritas dibidang infrastruktur.

Musrenbang, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2025 tingkat Kecamatan Tanta, digelar pada Senin, 22 Januari 2024, di Taman Wisata Menanti Laburan Desa Padang Panjang.

Dalam Musrenbang tersebut, sebanyak 263 usulan yang merupakan hasil Musrenbang 14 desa yang ada di Kecamatan Tanta disampaikan. Dari jumlah usulan tersebut, sebanyak 63 persen atau 168 usulan merupakan bidang infrastruktur yang terdiri dari 90 usulan untuk Dinas PUPR, 50 usulan untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta 28 usulan untuk DKPPTPH.

Sedangkan 37 persen atau 95 usulan lainnya merupakan bidang sosial, tenaga kerja, kesehatan, dan ekonomi.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan BAPPEDALITBANG Tabalong, Sujadi, yang ditemui usai Musrenbang, menjelaskan bahwa seluruh usulan tersebut akan langsung dipilah dan dilakukan pendalaman. Sehingga nantinya, masing-masing perangkat daerah dapat mengambil keputusan perencanaan untuk tahun 2025.

“Pada hari ini langsung dilaksanakan kompilasi dan akan dilaksanakan semacam desk, jadi desk itu semacam pendalaman terkait dengan usulan-usulan desa itu apakah memenuhi kaidah-kaidah perencanaan terutama kesiapan dilapangannya. Jadi tentunya itu akan menjadi desk yang akan dicermati oleh masing-masing perangkat daerah apakah usulan dari desa tersebut bisa diakomodir dalam keputusan perencanaan yang nanti akan difinalisasi pada saat musrenbang kabupaten.” ujar Sujadi, Sekretaris BAPPEDA ITBANG Tabalong.

Baca Juga  Dukung Karya Bakti TNI 2024, Pemkab Tabalong Alokasikan Anggaran 8,9 Milyar

Sujadi berharap, usulan-usulan yang telah disampaikan pada Musrenbang di Kecamatan Tanta ini dapat sejalan dengan perencanaan yang ada di kabupaten, provinsi, maupun nasional. Sehingga dapat berdampak pada pembangunan di Kabupaten Tabalong sebagai serambi depan Kalimantan Selatan, penyangga Ibu Kota Nusantara.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment