Home Tabalong Hari Ini TMMD Ke-121 Dimulai 24 Juli 2024, Desa Kasiau Raya dan Kasiau Jadi Sasaran

TMMD Ke-121 Dimulai 24 Juli 2024, Desa Kasiau Raya dan Kasiau Jadi Sasaran

by Muhammad Rais
0 comment

Kodim 1008 Tabalong dalam waktu dekat akan menggelar giat Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 tahun 2024 di Kabupaten Tabalong. Program TMMD tersebut akan menyasar wilayah Desa Kasiau Raya dan Desa Kasiau, Kecamatan Murung Pudak.

Program TMMD ke-121 yang dilaksanakan oleh Kodim 1008 Tabalong akan mulai dilaksanakan secara resmi pada tanggal 24 Juli sampai dengan 22 Agustus mendatang, meski pelaksanaan pra-TMMD telah dilaksanakan dari 15 Juni sampai 20 Juli 2024.

Program ini berfokus pada pembukaan jalan baru sepanjang 2.400 meter dan lebar 6 meter yang menghubungkan Desa Kasiau Raya dengan Desa Kasiau, Kecamatan Murung Pudak.

Dandim 1008 Tabalong, Letkol Infanteri Budi Galih, saat diwawancarai usai mengikuti rapat koordinasi teknis TMMD ke-121 secara virtual bersama Penjabat Bupati Tabalong dan Kepala Bappedalitbang Tabalong pada 10 Juli 2024 di Makodim 1008 Tabalong, menjelaskan bahwa lokasi kegiatan TMMD merupakan hasil dari musrenbang desa dan musrenbang kabupaten, serta dilihat berdasarkan sisi kebermanfaatannya.

Dengan adanya jalan penghubung tersebut, diharapkan mampu membantu masyarakat yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari, terutama dalam membawa hasil pertanian dan perkebunan masyarakat.

“Jadi untuk penentuan sasaran itu kan dari musren di tingkat desa, jadi kita kumpulkan kira-kira yang hasilnya paling berdampak nanti di daerah mana. Nah itulah yang kita pilih, kita dorong untuk sampai di tingkat kabupaten sehingga kegiatan TMMD ini bisa diakomodir secara dananya oleh pemerintah daerah,” ujar Letkol Inf Budi Galih, Dandim 1008 Tabalong.

Baca Juga  13 Proyek Pembangunan Desa di Kecamatan Haruai Diresmikan

Letkol Infanteri Budi Galih menambahkan, selain melakukan kegiatan fisik pembuatan jalan baru, di TMMD ini pihaknya juga akan melakukan kegiatan fisik tambahan seperti rehab masjid, pembuatan pos kamling, rehab beberapa rumah tidak layak huni dan MCK, serta pembuatan sumur bor.

Selain itu, juga akan dilakukan kegiatan penanaman pohon, penyuluhan kesehatan, penyuluhan KB, stunting, posyandu dan posbindu, penyuluhan wasbang dan bela negara serta penyuluhan lainnya. Selain itu, juga akan dilakukan kegiatan bakti sosial, salah satunya sunatan massal.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment