Home Tabalong Hari Ini Sambut IKN, Pemkab Tabalong Siapkan RDTR Perkotaan Jaro

Sambut IKN, Pemkab Tabalong Siapkan RDTR Perkotaan Jaro

by Muhammad Rais
0 comment

Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, mendorong agar materi teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Perkotaan Jaro digarap serius. Pasalnya, penataan Kecamatan Jaro sangat penting guna menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, saat membuka konsultasi publik pertama terkait materi teknis RDTR Perkotaan Kecamatan Jaro yang dilaksanakan di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong, Rabu, 10 Juli 2024.

Hamida menjelaskan, penyusunan materi teknis RDTR Perkotaan Jaro harus dilakukan secara detail dan terperinci agar tata ruang di wilayah Kecamatan Jaro semakin baik.

Terlebih berdasarkan Rencana Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Provinsi Kalsel, Jaro memiliki fungsi sebagai pusat pertanian, perikanan, dan pariwisata.

Untuk itu, Hamida berharap adanya keterlibatan berbagai pihak untuk menyempurnakan materi teknis RDTR Kecamatan Jaro, mengingat lokasi Jaro sangat strategis lantaran menjadi gerbang utama Kabupaten Tabalong dan Kalimantan Selatan menuju Ibu Kota Nusantara.

“Terkait dengan penyusunan materi teknis ini, kami sangat mengharapkan saran dari bapak ibu yang mengikuti rapat pada hari ini untuk memberikan saran terbaik bagi dokumen RDTR kita di Perkotaan Jaro. Karena sebentar lagi Jaro akan berbatasan dengan IKN, tentu kita akan menyiapkan sedini mungkin apa saja yang perlu kita sampaikan. Kami berharap saran untuk dokumen teknis RDTR Perkotaan Jaro ini,” ujar Hamida Munawarah, Penjabat Bupati Tabalong.

Baca Juga  Jam Layanan Perpustakaan Daerah Berubah Selama Bulan Ramadan

Diketahui, untuk mematangkan pembuatan dokumen RDTR Jaro, sejumlah tahapan pun akan dilakukan, seperti kegiatan konsultasi publik tahap pertama, kegiatan konsultasi publik tahap kedua, forum group discussion, hingga penetapan dokumen RDTR.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment