Home Tabalong Hari Ini Tanam Padi Perdana di Awal Musim Kemarau

Tanam Padi Perdana di Awal Musim Kemarau

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Tabalong menggelar tanam perdana padi sawah musim kemarau pada Selasa, 28 Mei 2024, di Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Desa Jaro, Kecamatan Jaro.

Tanam perdana padi sawah di musim kemarau ini dilakukan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, bersama Dandim 1008 Tabalong, Letkol Inf Budi Sanjaya Galih, Camat Jaro, Suryadi, dan Kepala DKPPTPH Tabalong, Fahrul Raji.

Adapun padi yang ditanam kali ini adalah varietas unggul IP 200 yang dapat dipanen dalam kurun waktu tiga bulan.

Kepala DKPPTPH Tabalong, Fahrul Raji, menjelaskan bahwa pada musim tanam periode bulan Mei ini, penanaman padi akan dilakukan di lahan seluas 160 hektar dan ditargetkan pada bulan Juni penanaman padi dilakukan di lahan seluas 1.000 hektar.

“Pada saat ini dari Januari sampai dengan bulan Mei sebenarnya masih lagi musim panen, nah jadi kalau panennya ini sekitar 6 ribuan hektare juga. Nah khusus tanam ini dari Januari sampai Mei hampir 6 ribu 5 ratusan juga hampir itu, jadi hampir sama lah.” ujar Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Fahrul Raji berharap para petani melakukan percepatan tanam di musim ini sehingga di musim penghujan mendatang, penanaman padi dapat kembali dilakukan sesuai dengan instruksi Kementerian Pertanian terkait percepatan tanam.

Baca Juga  Langsir BBM, Warung Milik Warga Desa Kapar Terbakar

Diketahui, saat ini terdapat 9.093 hektar sawah di Tabalong yang terdiri dari lahan irigasi, tadah hujan, dan rawa lebak. Sedangkan khusus di Kecamatan Jaro terdapat sawah seluas 546 hektar.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment