Home Tabalong Hari Ini Selangkah Lagi, Tabalong Miliki Rumah Kemasan UMKM

Selangkah Lagi, Tabalong Miliki Rumah Kemasan UMKM

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Tabalong bakal mengembangkan Rumah Kemasan UMKM pada tahun 2025 mendatang. Hal tersebut terungkap saat rapat kerja bersama Komisi II DPRD Tabalong pada Senin, 1 Juli 2024.

Pengembangan Rumah Kemasan UMKM di Tabalong menjadi salah satu fokus program kegiatan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Tabalong tahun 2025 mendatang.

Pengembangan tersebut pun menjadi salah satu prioritas yang tertuang dalam 12 program, 16 kegiatan, dan 27 sub-kegiatan yang akan dijalankan Diskopukmperindag di tahun 2025 mendatang.

Kepala Diskopukmperindag Tabalong, Syam’ani, menjelaskan di tahun 2024 ini pihaknya akan menerima alokasi bantuan peralatan untuk Rumah Kemasan UMKM di Tabalong.

“Insya Allah di tahun 2024 ini melalui Kementerian Koperasi dan UKM itu akan dialokasikan bantuan peralatan untuk rumah kemasan. Minggu kemarin kami sudah mengikuti rapat koordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM, kami saat ini sedang mempersiapkan untuk peralatan, apa yang sekiranya dibutuhkan dan cocok untuk UMKM yang ada di tempat kita, karena dari beberapa rumah kemasan yang pernah kami datangi, ada peralatan-peralatan yang tidak sesuai dengan kebutuhan dari UMKM setempat,” ujar Syam’ani, Kepala Diskopukmperindag Tabalong.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Eka Nor Efiani, mengaku siap mendukung dan memberikan pendampingan untuk keberlangsungan rumah kemasan tersebut, sehingga tepat guna dan tepat sasaran.

Baca Juga  TP PKK Tabalong Ajak Perempuan Jadi Kartini Mandiri dan Tangguh

“Tadi mereka meminta kepada kami, jadi kami menyarankan untuk anggaran perubahan nanti, kalau mereka minta pendampingan kepada kami untuk memastikan tadi mengenai rumah kemasan kami siap mendampingi, setelah itu juga bagaimana cara pengemasan yang pas untuk ke depannya, jangan sampai nanti bantuan tersebut tidak berfungsi dengan baik sehingga harus kita lihat dulu di mana tempat yang sesuai di kehendaki oleh masyarakat UMKM di sini, sehingga kita dampingi ke Jogja, agar tepat guna tepat sasaran,” ujar Eka Nor Efiani, Ketua Komisi II DPRD Tabalong.

Rumah Kemasan UMKM tersebut rencananya akan berlokasi di PLUT K-UMKM Tabalong.

Nantinya, rumah kemasan tersebut akan dikelola oleh PLUT dan dioperatori oleh tim Kementerian Koperasi dan UKM.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment