Home Tabalong Hari Ini Ratusan Calon Peserta Pendidikan Satpam Gada Pratama Ikut Tes Samapta

Ratusan Calon Peserta Pendidikan Satpam Gada Pratama Ikut Tes Samapta

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong melakukan verifikasi dan validasi calon peserta Pendidikan Gada Pratama pada Rabu, 19 Juni 2024, di Lapangan Asrama Balai Latihan Kerja Tabalong.

Verifikasi dan validasi calon peserta Pendidikan Dasar Gada Pratama Kabupaten Tabalong digelar selama 2 hari dengan menggandeng Prima Security Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan.

Di hari pertama, verifikasi dan validasi diikuti 115 calon peserta dari total 215 peserta yang dipanggil.

Berbagai tes diikuti seluruh peserta seperti tes administrasi, tes tinggi badan dan berat badan, tes wawancara, serta tes samapta seperti push-up, sit-up, dan lari.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Tabalong, Fahmi Saputra, menuturkan seleksi ini dilakukan untuk memverifikasi dan memvalidasi kembali berkas-berkas yang telah dikirimkan calon peserta, mengingat kuota yang disediakan hanya sebanyak 100 orang.

“Kegiatan kita hari ini adalah untuk memverifikasi atau semacam seleksi untuk kejujuran, karena semua peserta merupakan saingan. Dari jumlah pendaftar ada 430, yang kita cari ini cuma 100 orang. Untuk tes ini kita adakan menjadi dua hari.” ujar Fahmi Saputra, Kabid PTK Disnaker Tabalong.

Sementara itu, Wakil Direktur Prima Security Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan, Sukiman, berharap calon peserta yang dinyatakan lolos seleksi dapat mengikuti materi-materi pelatihan yang diberikan, sehingga siap untuk bekerja.

“Harapan kami nanti rekan-rekan setelah selesai pendidikan jangan pilih-pilih kerja. Kami akan merekomendasikan dan membantu, jadi rekan-rekan siap untuk ditempatkan atau siap untuk direkomendasikan di wilayah Kalimantan, bisa Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, atau ke Kaltim atau ke IKN.” ujar Sukiman, Wakil Direktur Prima Security Indonesia Wilayah Kalsel.

Diketahui hasil seleksi ini nantinya akan diumumkan pada Sabtu, 22 Juni 2024, melalui media sosial resmi Disnaker Tabalong.

Rencananya, para peserta yang berhasil lolos akan masuk Asrama SLB Gedung C di Banjarbaru pada tanggal 23 Juni 2024 dan akan mengikuti seluruh tahapan Diksar dan sertifikasi Satpam Gada Pratama selama 140 jam pelajaran.

Pada kegiatan ini, pemerintah daerah nantinya akan memfasilitasi biaya pelatihan, termasuk makan 3 kali sehari, asrama, ijazah Gada Pratama, KTA Satpam, pin atribut, hingga pakaian satpam.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment