Home Tabalong Hari Ini Ratusan Anggota PPS Dilantik, Ini Tugas Pertamanya…

Ratusan Anggota PPS Dilantik, Ini Tugas Pertamanya…

by Muhammad Rais
0 comment

KPU Tabalong melantik ratusan anggota PPS yang akan bertugas di seluruh kelurahan dan desa untuk Pilkada tahun 2024. Adapun tugas utama PPS dalam waktu dekat ialah melakukan pemetaan TPS dan membentuk Pantarlih.

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Tabalong untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Tabalong tahun 2024, digelar KPU Tabalong pada Minggu, 26 Mei 2024, di Gedung Sarabakawa Tanjung, Kecamatan Tanjung.

Anggota PPS yang dilantik sebanyak 393 orang, atau masing-masing 3 orang akan bertugas di 10 kelurahan dan 121 desa pada 12 kecamatan se-Kabupaten Tabalong.

Dari 393 anggota PPS ini, lebih dari 50 persen didominasi wajah baru dari pemilu 2024 lalu, dan 40 persen dari kaum perempuan.

Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah, yang ditemui usai pelantikan memaparkan, tugas pertama PPS pasca dilantik ialah berkoordinasi dengan lurah atau kepala desa untuk pembentukan sekretariat PPS di wilayah masing-masing, mengikuti bimtek, melakukan pemetaan TPS, dan membentuk Pantarlih atau petugas pemutakhiran data pemilih.

“Nanti teman-teman PPS akan membantu kita untuk melakukan pemetaan TPS di wilayah desa/kelurahannya masing-masing. Setelah itu, dalam waktu dekat, PPS akan membentuk yang namanya Pantarlih untuk melakukan proses pencocokan dan penelitian data pemilih dalam rangka untuk menyusun daftar pemilih untuk pemilihan kepala daerah tahun 2024,” ujar Ardiansyah, Ketua KPU Tabalong.

Baca Juga  DPRD Tabalong Gali Upaya BKPSDM BarSel Tingkatkan Implementasi Pembinaan Profesionalisme ASN

Ardiansyah berharap, anggota PPS yang baru dilantik berperan aktif selama delapan bulan berlangsungnya tahapan Pilkada 2024, menjaga integritas dan solidaritas, melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, serta melakukan koordinasi dengan sesama penyelenggara dan stakeholder terkait di tingkat kelurahan maupun desa.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment