Home Tabalong Hari Ini Atlet Disabilitas Tabalong Raih Prestasi di Tingkat Nasional

Atlet Disabilitas Tabalong Raih Prestasi di Tingkat Nasional

by Muhammad Rais
0 comment

Beberapa atlet disabilitas dari Kabupaten Tabalong banyak mengukir prestasi di berbagai ajang olahraga. Para atlet tersebut tidak hanya berprestasi di tingkat provinsi, bahkan juga berprestasi di tingkat nasional.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Disporapar Tabalong, Abdul Halim, saat silaturahmi atlet National Paralympic Committee of Indonesia Kabupaten Tabalong bersama pemerintah daerah pada Senin, 27 Mei 2024, di Balai Rakyat Dandung Suchrowardi.

Halim menjelaskan pada tahun lalu NPCI Tabalong mengirimkan 59 atlet disabilitas untuk berlaga di ajang Pekan Olahraga Paralympic Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2022.

Dari ajang tersebut, atlet Tabalong berhasil meraih juara di berbagai cabang olahraga, di antaranya juara tiga cabor judo blind dan juara tiga cabor bulutangkis.

Tidak hanya itu, Halim menjelaskan, sejumlah atlet NPCI Tabalong juga berhasil menorehkan prestasi di ajang Pekan Paralympic Nasional di Papua tahun 2023.

“Pada event Pekan Paralympic Nasional yang diselenggarakan di Papua, atlet NPCI Tabalong turut berpartisipasi menjadi peserta pada cabor atletik 1 orang, kemudian angkat berat 1 orang, juara 3 pada 2 nomor bulutangkis 1 orang, kemudian juara 2 judo blind ada 2 orang, jadi alhamdulillah ini tingkat nasional,” kata Abdul Halim, Kadisporapar Tabalong.

Saat ini, beberapa atlet disabilitas Tabalong juga disiapkan untuk mewakili Kalimantan Selatan pada ajang Pekan Paralympic Nasional tahun 2024, yang rencananya akan digelar di Medan, Sumatera Utara.

Baca Juga  Inovasi Tanjung Bersinar, Berhasil Bawa Dian Jadi Dokter Teladan

Diketahui, untuk meningkatkan prestasi atlet disabilitas, Pemkab Tabalong juga menambah bantuan dana hibah dari tahun 2023 sebesar 700 juta rupiah menjadi 1 miliar rupiah di tahun 2024.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment