Home Tabalong Hari Ini PLABK Rumah Semut Gelar Konsultasi Tumbuh Kembang Anak Gratis

PLABK Rumah Semut Gelar Konsultasi Tumbuh Kembang Anak Gratis

by Muhammad Rais
0 comment

Pusat Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Rumah Semut Yayasan Taman Mutiara Indonesia menggelar sosialisasi dan konsultasi tumbuh kembang anak gratis. Melalui kegiatan tersebut, para orang tua dapat mengetahui perkembangan anak usia 3 hingga 5 tahun serta kesiapan anak masuk sekolah.

Sosialisasi dan konsultasi tumbuh kembang anak gratis digelar Pusat Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Rumah Semut Yayasan Taman Mutiara Indonesia pada Minggu pagi, 2 Juni 2024, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Kepala Pusat Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Rumah Semut, Mahdaniah, mengatakan pihaknya menggelar kegiatan secara terbuka ini agar mengundang masyarakat umum, khususnya orang tua, untuk mengetahui perkembangan anaknya dari usia 3 hingga 5 tahun.

Melalui kegiatan ini, motorik anak-anak dilatih, baik motorik kasar maupun motorik halus. Pasalnya, perkembangan motorik anak adalah salah satu faktor penentu kesiapan anak untuk masuk sekolah pada usia dini.

“Ini kebetulan bulan Juni tahun ajaran baru, jadi kami berminat untuk mengetahui kesiapan anak sekolah itu dari bulan sekarang, sehingga pas anak masuk sekolah tahun ajaran baru mereka sudah siap dan juga sesuai perkembangan usia anak masuk sekolah.” ujar Mahdaniah, Ketua PLABK Rumah Semut.

Warga Tanjung Selatan, Fatmawati, menilai kegiatan ini sangat menarik dan bermanfaat untuk mengetahui perkembangan anak. Selain itu, anak-anak juga terlihat senang mengikuti permainan yang dipandu pengajar dari PLABK Rumah Semut ini.

Baca Juga  Kemendagri Apresiasi Keberhasilan Kabupaten Tabalong

“Ya menurut saya kegiatannya sangat menarik dan bermanfaat sekali ya, selain untuk hiburan anak-anak juga mengetahui gimana sih perkembangan anak kita itu. Terima kasih sudah berbagi, sudah mau memberikan kesempatan buat anak-anak dalam mengetahui tumbuh kembangnya dan bermain ini, mereka sangat senang.” ujar Fatmawati, Warga Tanjung Selatan.

Dalam kegiatan ini, PLABK Rumah Semut menyiapkan beragam permainan sesuai usia anak, mulai dari 3 tahun, 4 tahun, dan 5 tahun. Setiap permainan melatih pencapaian akademik maupun memori anak, baik berupa visual, kognitif, maupun baca tulis.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment