Home Tabalong Hari Ini PJ Bupati Hamida: Sektor Pertanian dan SDM Jadi Perhatian Khusus RPJPD 2025-2045

PJ Bupati Hamida: Sektor Pertanian dan SDM Jadi Perhatian Khusus RPJPD 2025-2045

by Muhammad Rais
0 comment

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah menekankan sejumlah poin yang harus menjadi perhatian khusus dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD). Mengingat RPJPD berperan penting dalam kemajuan pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah saat membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Tabalong tahun 2025-2045, Rabu, 29 Mei 2024, di Pendopo Bersinar Pembataan.

Hamida menilai RPJPD memiliki peran yang sangat penting sebagai pedoman pembangunan jangka menengah yang akan diimplementasikan ke dalam perencanaan tahunan.

RPJPD tersebut disusun selaras dengan RPJPD Provinsi Kalimantan Selatan serta RPJP Nasional menuju Indonesia Emas tahun 2045.

Hamida juga memaparkan, berdasarkan hasil evaluasi RPJPD tahun 2025-2045, terdapat sejumlah capaian yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong, di antaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2023 berada di angka 73,85 dan menempati peringkat pertama kluster kabupaten se-Kalimantan Selatan. Serta pertama kalinya dalam sejarah, pertumbuhan ekonomi yang baik seiring dengan pengendalian inflasi yang sangat baik.

Namun disamping itu, menurutnya masih banyak hal yang harus menjadi perhatian dalam menghadapi tantangan nasional maupun global, yakni di antaranya terkait peningkatan ekonomi secara berkelanjutan, peningkatan SDM dalam aspek pendidikan dan kesehatan, hingga peningkatan produktivitas pertanian dan tanaman pangan.

“Masih banyak hal yang harus diperhatikan untuk menghadapi tantangan nasional maupun global, yaitu upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui investasi dalam sektor pendidikan dan kesehatan, menggenjot sektor industri, pengembangan infrastruktur, memperkuat daya saing usaha kecil dan menengah (UMKM), meningkatkan kualitas pelayanan publik, menguatkan sektor pertanian guna meningkatkan produktivitas pertanian dan tanaman pangan, dan pariwisata berbasis desa,” ujar Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Baca Juga  Masuk Kuota Haji Tambahan, Armaniah Bersyukur

Melalui momentum Musrenbang ini, Hamida juga berharap agar forum ini menjadi komunikasi dua arah dalam memberikan saran, masukan, yang kemudian ditanggapi dan dielaborasikan menjadi sebuah pemikiran dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Tabalong.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment