Home Tabalong Hari Ini Perusahaan Swasta Diharap Terlibat dalam Mempertahankan Adipura

Perusahaan Swasta Diharap Terlibat dalam Mempertahankan Adipura

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menyerahkan piagam penghargaan kepada puluhan penanggung jawab titik pantau dan perusahaan swasta yang mendukung diraihnya Piala Adipura kelima tahun 2023. Diharapkan lebih banyak perusahaan swasta yang terlibat agar Piala Adipura dapat dipertahankan.

Sebanyak 30 penanggung jawab titik pantau penilaian Adipura dan perusahaan swasta menerima piagam penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Tabalong pada Minggu, 10 Maret 2024, di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dukungan mereka hingga Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, meraih Piala Adipura kelima secara berturut-turut.

30 penerima piagam penghargaan terdiri dari 3 instansi pemerintah, 3 fasilitas kesehatan, 4 sekolah, 2 komplek perumahan warga, 4 TPS 3R, 5 bank sampah, 7 perusahaan swasta, dan 2 kelompok masyarakat.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dalam amanatnya menyampaikan, keberhasilan Tabalong mempertahankan Piala Adipura hingga kelima kalinya berkat kolaborasi pemerintah, masyarakat, penanggung jawab titik pantau, dan perusahaan swasta. Oleh karena itu, agar Piala Adipura terus dipertahankan, ia berharap lebih banyak perusahaan swasta yang terlibat.

“Nah, saya minta tahun depan lebih banyak lagi perusahaan, dan perbankan yang beroperasional di Tabalong memberikan dukungan terhadap upaya masyarakat Kabupaten Tabalong untuk meraih kembali piala adipura ini. Menjadi kewajiban kita bersama agar mereka terlibat dan bergabung membantu kita,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  2 Bulan Beroperasi, AKDP Langsat Manis Telah Layani Ratusan Penumpang

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Slamet Riyadi, yang ditemui usai penyerahan penghargaan, menyatakan, salah satu kiat mempertahankan Piala Adipura adalah kolaborasi dengan seluruh pihak. Ia pun mengapresiasi dukungan penanggung jawab titik pantau dan perusahaan swasta.

“Terkait dengan hal ini kami juga mengucapkan terima kasih kepada para penanggung jawab titik pantau, perusahaan yang pada kesempatan ini telah membantu banyak sekali terhadap kegiatan anggaran maupun usahanya terkait dengan kebersihan, dan penyejukkan di Kabupaten Tabalong,” ujar Slamet Riyadi, Kepala DLH Tabalong.

Lebih lanjut, Slamet Riyadi memaparkan kiat-kiat keberhasilan meraih Piala Adipura kelima, antara lain, pengurangan sampah yang cukup signifikan, peningkatan pengelolaan TPA Bongkang yang semakin baik bahkan akan ditingkatkan menjadi TPST, peningkatan pengelolaan lingkungan perumahan, dan upaya optimalisasi bank sampah.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment