Home Tabalong Hari Ini Perkuat Pengelolaan Arsip, Dispersip Latih Pengelola Arsip di ANRI Jakarta

Perkuat Pengelolaan Arsip, Dispersip Latih Pengelola Arsip di ANRI Jakarta

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong Menggelar Bimbingan Teknis dan Pelatihan Pengelolaan Arsip Dinamis dan Penyusutan Arsip pada 15 Mei 2024 di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta.

Sosialisasi yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong melalui bidang Pengelolaan, Perlindungan, dan Penyelematan Arsip ini diikuti sekitar 166 peserta yang terdiri dari Sekretaris, Kasubag Umum, dan Kepegawaian, Arsiparis atau Pengelola Arsip pada seluruh perangkat daerah Tabalong.

Kegiatan ini turut dihadiri Penjabat Sekretaris Daerah Tabalong Muhammad Fitri Hernadi, Direktur Kearsipan Daerah I Rudi Anton, sejumlah pimpinan OPD, dan pejabat ANRI.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong, Norhayati, saat diwawancarai menyatakan, BIMTEK ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait pengelolaan arsip dinamis sekaligus penyusutan arsip.

“Hari ini kami mengadakan pengelolaan arsip dinamis dan penyusutan arsip. Kami berharap arsip di Tabalong ini akan selalu tertib sehingga Tabalong bisa menjadi pilot proyek dari seluruh kegiatan arsip karena sekarang nilai LkD kita sudah B, sehingga saya berharap seluruh OPD, seluruh kecamatan, kelurahan memahami tata cara penyusunan arsip,” kata Norhayati, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Tabalong, Muhammad Fitri Hernadi, berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti BIMTEK dengan baik sehingga ilmu yang diserap dapat diterapkan pada Satuan Kerja masing-masing.

Baca Juga  Masjid Miftahul Khair Jadi Juara Festival Tanglong

“Gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan pengetahuan yang baik, berwawasan, serta meningkatkan diri sehingga kompetensi bapak/ibu yang menjadi peserta itu akan dibuktikan nanti pada saat di daerah, bagaimana langkah-langkah kita dalam pengarsipan, penyusutan arsip, kemudian bagaimana arsip itu menjadi sebuah aset yang penting bagi daerah sehingga kedepannya ini menjadi bukti pembangunan peradaban di Kabupaten Tabalong,” kata Muhammad Fitri Hernadi, PJ Sekretaris Daerah Tabalong.

Bimbingan Teknis dan Pelatihan Pengelolaan Arsip Dinamis dan Penyusutan Arsip ini diisi 3 pemateri dari Arsip Nasional Republik Indonesia.

Berbagai materi tentang pentingnya arsip disampaikan, di antaranya terkait arsip sebagai alat bukti yang sah dalam menjalankan pemerintahan, arsip sebagai bukti aset, arsip sebagai sumber sejarah, penataan arsip dinamis, serta tahapan penyusutan arsip.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment