Home Tabalong Hari Ini Pelantikan 36 Anggota Panwascam untuk Pilkada 2024

Pelantikan 36 Anggota Panwascam untuk Pilkada 2024

by Muhammad Rais
0 comment

Bawaslu Tabalong melantik dan mengambil sumpah janji puluhan anggota Panwascam untuk Pilkada tahun 2024. Anggota Panwascam yang terpilih merupakan hasil evaluasi kinerja Panwascam pemilu sebelumnya dan hasil penjaringan Panwascam baru.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji Panwaslu Kecamatan atau Panwascam se-Kabupaten Tabalong untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Tabalong tahun 2024, digelar pada Sabtu, 25 Mei 2024, di Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Anggota Panwascam yang dilantik sebanyak 36 orang, atau masing-masing 3 orang akan mengawasi setiap kecamatan se-Kabupaten Tabalong.

36 anggota Panwascam terdiri dari 21 peserta existing atau Panwascam pemilu sebelumnya yang memenuhi syarat melanjutkan tugas berdasarkan hasil evaluasi kinerja secara institusi kelembagaan dan kinerja individual.

Sedangkan 15 peserta baru merupakan hasil penjaringan yang dilaksanakan Bawaslu, mulai tahap seleksi administrasi, tes tertulis CAT dan esai, hingga tes wawancara.

Ketua Bawaslu Tabalong, Mahdan Basuki, yang ditemui usai acara mengatakan, ia percaya anggota Panwascam yang telah dilantik dan diambil sumpahnya dapat menjalankan amanah dengan baik.

Ia juga berharap agar Panwascam segera beradaptasi melaksanakan tugas, serta berpedoman kepada peraturan dan perundangan yang berlaku sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

“Dalam pelaksanaan tugas, rekan-rekan Panwaslu kecamatan dan jajaran yang akan dibentuk di tingkat kelurahan/desa sampai tingkat TPS bisa juga memahami dan mempraktekkan kode etik dan pedoman perilaku sebagai penyelenggara pemilu, karena dengan menjaga kode etik dan pedoman perilaku, marwah Badan Pengawas Pemilu akan lebih dijunjung,” ujar Mahdan Basuki, Ketua Bawaslu Tabalong.

Selanjutnya, Panwascam akan mengikuti bimbingan teknis atau pembekalan. Mahdan menuturkan, bimtek sebagai bentuk ikhtiar Bawaslu untuk menyiapkan anggota Panwascam sehingga mampu mengawal proses penyelenggaraan pemilihan di 12 kecamatan yang terbagi dalam 131 kelurahan dan desa.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment